POLITIK

Gugatan Yusril ke MK Diprediksi "Win-win Solution"

"Keputusan MK kalau mengabulkan akan berujung pada win-win solution."

ddd
Rabu, 22 Januari 2014, 17:49 Suryanta Bakti Susila, Dedy Priatmojo
Yusril Gugat UU Pilpres ke MK
Yusril Gugat UU Pilpres ke MK (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)
VIVAnews - Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), M Afifuddin, memprediksi gugatan judicial review Undang-Undang Pilpres No 42 Tahun 2008 yang diajukan Yusril Ihza Mahendra ke Mahkamah Konstitusi akan berujung pada win-win solution, atau saling menguntungkan.

"Keputusan MK kalau toh mengabulkan akan berujung pada win-win solution," kata Afifuddin saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu 22 Januari 2014.

Afifuddin mengatakan, jika MK mengabulkan gugatan Yusril, yakni melaksanakan pemilu presiden dan legislatif digelar serentak maka bisa jadi itu akan dilakukan untuk pemilu 2019, bukan 2014. Menurutnya, bila MK memutuskan untuk dilaksanakan pada pemilu 2014, maka akan melahirkan persoalan baru bagi Komisi Pemilihan Umum.

"Kalau sekarang berat. Misalnya saja KPU harus menyesuaikan tahapan yang sudah dibuat, begitu juga anggaran pelaksanaan tahapan pemilu akan berubah total. Mungkin dikabulkan, tapi tidak diterapkan tahun ini," ujarnya.

Disamping itu, KPU juga akan dibenturkan dengan sosialisasi pemilu dan peraturan KPU mengenai presidential threshold. Karena bila gugatan Yusril dikabulkan, dengan demikian 12 partai politik peserta pemilu berhak mengajukan calon presiden.

"Seharusnya, ruang diskursus angka presidential treshold dibuka dalam perdebatan RUU Pilpres. Sekarang ini yang muncul, opsinya selalu apakah PT dikurangi atau ditambah," terangnya. (ren)

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
tonibrakot
23/01/2014
Di Indonesia ini Cuma masalah hokum yg berkembang. Yg dibutuhkan oleh banyak organisasi bukan program sekali jalan, tetapi sebuah proses yg dibangun sbg system menyeluruh yg menembus setiap lapisan.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com

Konten ini dikirimkan oleh pembaca anggota VIVAlog