Tantangan Berat Dalam Kabinet Jilid II

VIVAnews -- Mengakhiri masa jabatannya sebagai Menteri Pertahanan, Juwono Sudarsono mengingatkan bahwa Indonesia akan menghadapi tantangan terberat untuk mengatasi tingkat kemiskinan dan kesejahteraan rakyat pada masa Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

"Tentunya tantangan terberat yang harus dilalui kabinet selanjutnya, yakni pemberantasan kemiskinan," kata Juwono Sudarsono seperti yang dilansir dephan.go.id, di Jakarta. Rabu 21 Oktober 2009.

Juwono menyatakan, pemerintah harus memberantas kemiskinan melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan adil bagi seluruh rakyat sehingga akan berdampak terhadap kekuatan pertahanan di Indonesia.

Menhan menuturkan Departemen Pertahanan (Dephan) RI pada jajaran bidang politik, hukum dan keamanan akan mengawal aspek peningkatan ekonomi dan kesejahteraan. Peningkatan kualitas keadilan sosial akan berlangsung secara bertahap dan berkesinambungan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan jumlah penduduk miskin hingga Maret 2009 mencapai 32,53 juta orang atau 14,15 persen dari jumlah total penduduk di Indonesia.

Data tersebut menyatakan tingkat kemiskinan penduduk di Indonesia, mengalami penurunan sekitar 2,43 juta orang dibanding Maret 2008 yang menembus jumlah 34,98 juta orang.

Pernyataan Juwono tersebut, terkait dengan rencana pergantian susunan Menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid II masa kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengisyaratkan akan mengangkat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Purnomo Yusgiantoro sebagai Menhan menggantikan posisi Juwono Sudarsono pada susunan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

Purnomo diindikasikan akan mengisi jabatan Menhan usai menjalani uji kepatutan di kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin 19 Oktober 2009.

Purnomo mengaku dirinya mendapat arahan mengenai sistem pertahanan nasional dan reformasi Tentara Nasional Indonesia yang sudah berjalan sekitar 10 tahun terakhir.

ASN dari 25 Instansi Sudah Siap Pindah ke IKN
Ilustrasi narkoba.

Penyebaran Narkoba Jenis Fentanil Jadi Ancaman Global

Meningkatnya jumlah obat-obatan sintetik yang mengkhawatirkan, khususnya Fentanil, yang telah menjadi penyebab utama kematian di kalangan warga AS berusia 18-45 tahun.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024