Pelantikan Presiden

Para Calon & Mantan Menteri Kumpul di Senayan

VIVAnews - Perhelatan akbar akan diadakan di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta hari ini, Selasa 20 Oktober 2009.

Tepat pukul 10.00 Waktu Indonesia Barat, akan diselenggarakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boediono.

Tetamu sudah berdatangan ke gedung dewan mulai pukul 09.00 WIB, diantaranya adalah sejumlan menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid pertama yakni Widodo AS, Siti Fadilah Supari, Sofyan Djalil, Jusman Syafii Djamal, dan Paskah Suzetta. Kelimanya tak dipilih kembali dalam kabinet SBY-Boediono.

Selain itu, sejumlah calon menteri yang digadang-gadang masuk ke Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II juga tampak hadir dalam acara, diantaranya calon Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring; calon Menko Kesra, Agung Laksono; calon Menko Perekonomian, Hatta Radjasa.

Juga tampak calon Menteri Perhubungan, Freddy Numberi; calon Menteri Pendidikan, M Nuh; calon Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto; calon Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan; calon Menteri Keuangan, Sri Mulyani; dan calon Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan.

Selain itu, ada juga beberapa tokoh yang datang seperti Sekretaris Menteri BUMN, Said Didu, Muladi, dan Akbar Tandjung.

Sidang Pelantikan Presiden akan dibuka oleh Ketua MPR, Taufiq Kiemas.

Pada pukul 10.15, Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saefuddin akan membacakan keputusan KPU mengenai penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih hasil pemilu.

Agenda utama pelantikan presiden, yakni pengucapan sumpah oleh SBY sebagai presiden terpilih, akan dilakukan pada pukul 10.20. Selanjutnya, pengambilan sumpah oleh Wakil Presiden Boediono akan berlangsung lima menit kemudian pada pukul 10.25.

Seusai pengambilan sumpah, acara akan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Presiden SBY, Wakil Presiden Boediono, serta kelima Pimpinan MPR, pada pukul 10.30. Selanjutnya, Presiden SBY akan diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato awal masa jabatannya pada pukul 10.50.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri
Ilustrasi tagian listrik PLN membengkak.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Kebijakan tidak menaikan tarif listrik pada April-Juni 2024 merupakan upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024