PKS Masih 'Abu-abu' untuk Kandidat Pilgub Jatim 2018

Kader PKS saat pelaksanaan Mukernas IV PKS.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Partai Keadilan Sejahtera sampai saat ini belum memutuskan figur yang akan diusung menjadi calon gubernur di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Partai dakwah masih menakar pasangan calon yang akan diusung.

Softbank Batal Investasi di IKN, Fraksi PKS: Jangan Perbesar APBN

Anggota Majelis Syuro PKS, Tifatul Sembiring, menilai pasangan calon pilihan mereka masih belum definitif. Artinya, calon yang diusung bisa saja berubah.

"Kalau di Jatim belum diputuskan, belum final. Ya kan calonnya belum definitif semua," kata Tifatul di sela-sela seminar Fraksi PKS MPR di Hotel Aston Jakarta Selatan, Rabu 22 November 2017.

Tifatul, yang juga Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR, belum bisa memastikan kemungkinan pilihan partainya akan berlabuh kepada pasangan calon yang sudah ada.

"Belum diputuskan. Kami enggak bisa condong-condong nanti di putuskan musyawarah," ujarnya menambahkan.

Dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI, Begini Kata Abdurrahman Suhaimi

Terkait arah koalisi di Pilgub Jatim, Tifatul belum bisa membocorkan sikap politik PKS. Ia juga berharap agar PKS juga segera memutuskan sikap untuk Pilgub Jatim.

"Ini kan bukan masalah (aspirasi) dari akar rumput, ini keputusan ada di pimpinan. Ini belum putus ya. Mudah-mudahan bisa segera (diputuskan)," kata mantan Menteri Komunikasi dan Informatika itu.

Kian Panas

Menjelang pendaftaran pasangan calon yang kurang lebih dua bulan lagi, dinamika Pilgub Jatim terus memanas. Sejauh ini, sudah ada dua pasangan yang menjadi kandidat akan bertarung di Pilgub Jatim.

Kedua pasangan tersebut adalah Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dengan-Abdullah Azwar Anas. Kemudian, pasangan Khofifah Indar Parawansa dengan Emil Dardak.

Pasangan Gus Ipul-Azwar Anas diusung PDIP dan PKB. Sementara, Khofifah-Emil diusung Golkar, Demokrat, dan Nasdem. PPP dan Hanura ada kemungkinan bergabung mendukung Khofifah-Emil. Adapun selain PKS, Gerindra dan PAN juga masih belum bersikap terkait Pilgub Jatim. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya