JK Tak Campuri Urusan Pergantian Novanto

Wakil Presiden, Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga merupakan politikus senior Partai Golongan Karya, tidak mencampuri kemungkinan penggantian Setya Novanto dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. JK menyampaikan mekanisme penggantian ketua umum sepenuhnya mengacu kepada mekanisme yang berlaku di partai berlambang pohon beringin tersebut.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

"Itu kita kembalikan ke Golkar sendiri. Kan mereka sudah rapat kemarin," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 22 November 2017.
 
JK enggan mengomentari keputusan terakhir Novanto untuk menunjuk Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham, menjadi Pelaksana Tugas Ketua Umum. Menurutnya, jika hal itu merupakan hal yang sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Golkar, maka penunjukan Idrus menjadi pengganti sementara Novanto, tidak dipersoalkan.

"Saya tidak tahu AD/ART sekarang, tapi ya pasti teman-teman di DPP itu paham," ujar JK.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

JK juga enggan mengomentari kemungkinan sosok yang menjadi pengganti Novanto jika mekanisme penggantian ketua umum dilaksanakan. Ketua Umum Partai Golkar periode 2004-2009 ini menyampaikan bahwa penggantian Novanto sepenuhnya mengikuti prosedur yang berlaku di internal Partai Golkar.

"Ya kita tunggu saja keputusannya," ujar JK.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

Sebelumnya, Rapat Pleno Golkar memutuskan Setya Novanto tetap menjadi Ketua DPR dan Ketua Umum Partai Golkar. Menyusul persoalan hukum yang menjerat Novanto, forum tersebut kemudian menunjuk Sekjen Idrus Marham sebagai pelaksana tugas ketua umum. (one)

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024