Pilkada Jawa Timur 2018

PKB: Azwar Anas Bisa Rebut Suara Muslimat NU dari Khofifah

Gus Ipul (kiri) - Azwar Anas (kanan) ketika dideklarasikan PDIP.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa optimistis duet Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Abdullah Azwar Anas bisa memenangi Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Salah satunya keberadaan Azwar Anas yang dinilai bisa merebut basis suara Khofifah Indar Parawansa dari kalangan Muslimat Nahdlatul Ulama.

Doa Arumi Bachsin untuk Suami Jika Jadi Wagub Jatim

Meski Khofifah belum deklarasi, namun Menteri Sosial ini kemungkinan besar maju kembali ke Pilgub Jatim. Apalagi partai politik mulai Golkar, PPP, dan Nasdem siap mengusung Khofifah.

Ketua DPD PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim, menilai munculnya figur Azwar Anas direspons positif publik.

Puti Soekarno Blusukan Ditemani Bekas Calon Wakil Gus Ipul

"Muslimat sudah semakin solid, kekuatan NU, kultur maupun struktur semalin solid, masyarakat umum juga responsnya positif," kata Halim seusai rapat koordinasi pemenangan Gus Ipul-Azwar Anas di kantor PKB Jatim, Surabaya, pada Jumat, 20 Oktober 2017.

Dijelaskan Gus Halim bila duet Gus Ipul-Azwar Anas diibaratkan mewakili suara masyarakat zona kabupaten di Jawa Timur. Aspirasi  masyarakat akan figur sesuai keinginannya terealisasi dengan pasangan tersebut.

Strategi Senyap Ala Golkar Menangkan Khofifah-Emil Dardak

"Salah satunya ketika masyarakat ditanya bagaimana kalau Pak Anas digandengkan dengan Gus Ipul, masyarakat responsnya positif. Kenapa? Karena itu mewakili zona provinsi dan kabupaten. Artinya, pemerintahan Jatim ke depan, bisa memahami aspirasi kabupaten/kota," ujar Halim.

Kemudian, ia menekankan politik di Jatim saat ini yang berlaku terkait berkecenderungan dalam politik kawasan. Lalu, soal aspek pilihan yang didasarkan pada prestasi kandidat. Karena itu, menurutnya peta suara berdasarkan zonasi tidak berlaku. "Yang bicara sekarang adalah figurnya," kata kakak kandung Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tersebut. (ren)

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (instagram.com/azwaranas.a3)

Menelisik Gaya Kepemimpinan Transformasional Abdullah Azwar Anas

Abdullah Azwar Anas menerapkan gaya kepemimpinan transformasional ketika memimpin Banyuwangi.

img_title
VIVA.co.id
11 Juni 2021