Alasan PAN Tak Undang Jokowi di Rakernas

Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno.
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional, Eddy Soeparno mengungkapkan alasan partainya tak mengundang Presiden Joko Widodo dalam Rakernas III di Bandung, Jawa Barat. 

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

Rakernas yang akan digelar hari ini mulai 21 - 23 Agustus 2017, memang diperuntukkan untuk konsolidasi internal partai membahas pemenangan Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres di tahun 2019. 

"Kita hanya mengundang pejabat daerah saja," kata Eddy saat dikonfirmasi sebelum acara Rakernas di kawasan Buah Batu, Bandung, Jawa Barat, Senin, 21 Agustus 2017. 

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

Selain Jokowi, PAN juga tak mengundang elite Parpol yang berada di tingkat DPP pada Rakernas kali ini.  Undangan hanya diberikan kepada pimpinan wilayah partai politik sebagai perwakilan. 

Menurut Eddy, konsolidasi internal akan membahas strategi pemenangan di wilayah - wilayah strategis termasuk Jawa Barat yang dianggap menjadi perhatian utama. 

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

"Acara ini kita selenggarakan di Bandung karena memang Jawa Barat Pilkada banyak sekali ada 17 pilkada, termasuk Pilgub. Jadi kita menyemarakkan ini untuk berikan semangat pada teman - teman yang ada di Jawa Barat," ujarnya menambahkan.

Selain Jawa Barat, provinsi lain yang akan dijadikan prioritas untuk dimenangkan adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

Ia menilai, ke enam wilayah itu sangat penting mengingat jumlah pemilihnya yang cukup besar.  "Yang kepadatan penduduknya sangat tinggi ya semua partai juga sudah melihat pilkada 2018 itu merupakan warming up atau pemanasan menghadapi pemilu pilpres 2019," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya