PAN Dinilai Tak Usung Jokowi di Pilpres karena Amien Rais

Pimpinan Partai Amanat Nasional.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago memprediksi Rakernas Partai Amanat Nasional belum putuskan siapa calon Presiden yang akan didukung di Pilpres 2019. Selain itu, PAN diprediksi tak akan mengusung Joko Widodo nanti.

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

"Tokoh sentral atau elit penentu di PAN bukan Pak Zulkifli Hasan (Ketum PAN) namun Amien Rais. Pemilik saham PAN adalah Amien Rais. Kita tahu bagaimana sikap politik Amien Rais selama ini, seringkali berseberangan dan oposisi terhadap pemerintahan Jokowi," kata Pangi ketika dihubungi VIVA.co.id, Minggu 20 Agustus 2017.

Pangi menilai secara kalkulasi politik dan investasi Pemilu 2019, sikap PAN menjadi bagian koalisi pemerintah juga tidak terlalu menguntungkan bagi partai itu. PAN dinilai rugi secara elektoral karena tidak bisa mengambil ceruk potensial pemilih yang kecewa dengan pemerintahan sekarang.

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

"Kalau sikapnya jelas oposisi dan mengkritik kebijakan pemerintah, maka PAN bisa mengambil pemilih zona market yang lain," ujar Pangi.

Dia mencontohkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang hampir 10 tahun oposisi, dan menang mutlak dalam Pileg dan Pilpres 2014. Sikap oposisi PDIP terhadap pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono disebut menguntungkan PDIP secara jangka panjang.

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

"Karena pangsa pasar PDIP adalah yang kurang puas dengan kinerja SBY pada waktu itu. Namun sikap politik PAN main dua kaki, sebetulnya nggak terlalu menguntungkan bagi PAN secara elektoral. Karena sikap politiknya yang enggak jelas," kata Pangi.

Terkait apakah PAN akan mengajukan kader sendiri untuk mengusung capres 2019, dia melihat PAN juga belum punya figur internal yang bisa mendongkrak elektibilitas PAN.

"Efek dongkrak figur tertentu bisa menaikkan insentif elektoral partai. Seringkali kita lihat dengan sosok Jokowi effect berhasil mendongkrak elektibilitas PDIP," ucap dia.

Seperti diketahui, PAN menggelar rapat kerja nasional di Bandung, pekan ini. Ada beberapa agenda yang akan dibahas dalam rakernas kali ini.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan selain Pilkada serentak 2018, Rakernas juga akan membahas arah dukungan PAN di Pilpres 2019. Hal ini termasuk kemungkinan nama tokoh yang didukung PAN.

"Soal capres, apakah nanti akan dibahas, menyebut nama atau beberapa nama," kata Yandri di gedung DPR, Jakarta, Jumat 18 Agustus 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya