Khofifah Disambut 'Reog' Projo Jatim, Lampu Hijau Pilgub?

Khofifah Indar Prawansa disambut reog pada acara Projo di Jatim
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Menteri Khofifah Indar Parawansa hadir dalam acara 'Bersama Mengawal Nawacita' yang digelar Pro Joko Widodo atau Projo di Gedung Kesenian Cak Durasam Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu, 20 Agustus 2017. Ratusan anggota Projo dan Reog Ponorogo menyambut kedatangan Khofifah.

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Begitu acara dibuka, nama Jokowi kerap diteriakkan saat acara yang dihadiri Khofifah. "Merdeka, Jokowi, Jokowi, Projo," teriak Ketua Projo Jatim, Suhandoyo, membuka sambutannya.

Kehadiran Khofifah di acara Projo ini menjadi spekulasi adanya lampu hijau Presiden Jokowi melepas Khofifah dari Kabinet Kerja untuk maju ke Pilgub Jatim 2018.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

Soal izin Jokowi kepada Khofifah pernah jadi polemik saat disuarakan Ketua Umum DPP PKB A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Saat itu, Cak Imin meminta Presiden Jokowi agar tidak mengizinkan Khofifah maju di Pilgub Jatim.

Cak Imin dinilai berkepentingan karena PKB mengusung Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf alis Gus Ipul maju sebagai bakal Cagub Jatim.

Khofifah: Kita Doakan Oktober Mendatang Presiden ke-8 Prabowo Dilantik

Khofifah menanggapi itu dan menyatakan bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki hak sama dalam politik. "Mas Imin, jangan galau," kata Khofifah.

Dalam konteks Pilgub Jatim, selain basis NU, Jatim juga memiliki kantong-kantong suara masyarakat nasionalis. Peneliti dari Surabaya Survey Centre, Surokim, mengatakan bahwa kandidat calon juga akan berupaya mendulang suara nasionalis, termasuk Khofifah.

Menjelang Pilgub Jatim, Juni tahun depan, dinamika politik kian bergolak kala Khofifah menunjukkan sinyal bakal maju. Ada isu yang mengabarkan. Khofifah akan mendeklarasikan diri sebagai bakal calon gubernur pada Oktober atau November 2017. Sementara Gus Ipul dipastikan maju melalui PKB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya