ICW Nilai 25 Calon Hakim Agung Bermasalah

VIVAnews - Indonesian Corruptin Watch (ICW) menilai terdapat 25 calon hakim agung bermasalah. Persoalan perempuan dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) mendominasi permasalahan para calon hakim agung.

Hasil temuan ICW menyebutkan ada lima orang calon hakim agung yang bermasalah di dua ruang domestik itu. Selain itu, ICW juga menemukan  calon yang tergolong  pencari kerja.

"Orientasi mereka ini tidak jelas dalam penegakkan hukum," kata anggota Badan Pekerja ICW IIlian Deta Artasari, di kantor ICW, Minggu 4 Oktober 2009.

Dia menjelaskan kelima calon hakim agung yang tergolong jobseeker itu ternyata mengajukan diri saat ada lowongan di setiap komisi.

ICW mendesak Komisi Yudisial agar tidak memaksakan kuantitas 18 nama untuk diajukan ke DPR. "Tidak meloloskan hakim agung yang membahayakan praktek peradilan," tegas Illian.

Menempati urutan ketiga, empat orang calon hakim agung, yang bermasalah dengan penghasilan yang tidak wajar. "Mereka bisa membeli rumah mewah," kata Illian, lebih lanjut.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024
Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyetujui pendanaan federal sebesar US$ 60 juta atau setara dengan Rp 951,3 miliar membangun kembali jembatan Baltimore

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024