Ketum PAN: Bukan Walk Out, Bahasa Kerennya Kami Abstain

 Ketua PAN Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Agus Rahmat

VIVA.co.id – Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengatakan, partainya bukan melakukan aksi walk out saat pengambilan keputusan di paripurna RUU Pemilu, Kamis, 20 Juli 2017, malam. Menurut dia, PAN hanya tidak ingin ikut pengambilan keputusan.

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

"Kami bukan walk out. Saya juga protes disebut walk out. Kami tidak ikut ambil keputusan. Jadi kalau bahasa kerennya abstain," kata Zulkifli di sela Sosialisasi Empat Pilar di Pamulang, Banten, Jumat 21 Juli 2017.

Zulkifli mengatakan, pihaknya hanya ingin agar pengambilan keputusan tak melalui voting. Dia juga tidak masalah jika PAN berbeda dengan partai pendukung pemerintah yang lain.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

"Iya enggak apa-apa (berbeda dengan parpol pemerintah). Karena kan kami ingin ada musyawarah mufakat gitu," ujar Ketua MPR tersebut.

Menurut Zulkfili, keputusan PAN ini tidak ada kaitannya dengan koalisi dengan parpol pemerintah. Menurut dia, RUU Pemilu ini adalah urusan dari partai masing-masing.

Ketua MK Sebut UU Pemilu dan UU Cipta Kerja Paling Sering Digugat

"Ini kan soal partai masing-masing, bukan koalisi. Ini soal nasib partai masing-masing, bukan soal koalisi," katanya menegaskan.

Sebelumnya empat fraksi termasuk PAN melakukan walk out saat paripurna akan melakukan voting penentuan RUU Pemilu. Kritikan tertuju kepada PAN, karena sebagai parpol pendukung pemerintah, parpol yang dipimpin Zulkifli Hasan itu kembali menyuarakan sikap yang berbeda.

Padahal, enam fraksi lain pendukung pemerintah yaitu PDIP, Golkar, PPP, Nasdem, Hanura, dan PKB mendukung opsi A yang salah satunya terkait ambang batas presiden 20/25 persen. (mus)
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya