Novanto Tersangka, PDIP Singgung Kursi Pimpinan DPR

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA/Eduard

VIVA.co.id – PDI Perjuangan belum mengambil sikap terkait polemik pucuk pimpinan DPR menyusul ditetapkan Setya Novanto sebagai tersangka. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Golkar memiliki mekanisme dalam penentuan kadernya menggantikan Novanto.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Ia mengingatkan, pergantian Ketua DPR menjalani mekanisme yang panjang, mulai pembahasan lingkup internal partai hingga aturan yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD (MD3).

"Sebagai sesama partai politik pengusung pemerintah kami tidak campur tangan kepada kedaulatan setiap parpol. Karena setiap parpol punya mekanisme, punya anggaran dasar dan anggaran rumah tangga sendiri," kata Hasto di kawasan Jakarta Pusat, Rabu 19 Juli 2017.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Dia mengatakan, partainya tetap menghormati proses hukum terhadap Novanto sampai menunggu keputusan tetap atau inkrah. Namun, Hasto menekankan pergantian pimpinan DPR yang harus mengacu niat partainya dalam merevisi UU MD3.

Sebagai partai pemenang pemilu 2014, PDIP tak mendapatkan kursi pimpinan DPR karena saat itu dijegal oleh sejumlah parpol. "Itu menjadi catatan yang sangat penting. Agar kejadian ini ke depan bisa menjadi sebuah pelajaran. Sehingga ketika kita menyusun UU MD3, itu harus menyelaraskan antara suara rakyat dan apa yang terjadi di DPR," lanjut Hasto.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

Bagi partainya, lanjut Hasto, prioritas terkini adalah bagaimana konsolidasi partai koalisi pemerintah tetap terjaga. Ia meminta, kepada elite politik untuk menahan diri terkait pernyatannya yang bisa menimbulkan polemik.

Seperti diketahui, Golkar di bawah kepimpinan Setya Novanto menyatakan akan mendukung Joko Widodo untuk maju kembali sebagai calon presiden di Pemilu 2019. "Terkait dengan apa yang terjadi ke depan, ini kan masih tahap awal dari seluruh proses hukum. Biarlah proses hukum itu berjalan," kata Hasto. (mus)

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024