Novanto Tersangka, Tifatul Sembiring: Ini Genting Sekali

Tifatul Sembiring
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Politikus senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Tifatul Sembiring menyoroti status tersangka Ketua DPR Setya Novanto sebagai hal yang genting. Menurutnya, harus ada posisi yang jelas terkait persoalan ini.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

"Kalau menurut saya ini yang genting. DPR ini harus ada posisi yang jelas. Harus segera, fraksi-fraksi harus berkumpul. Pimpinan DPR harus berkumpul memutuskan hal ini. kalau ini menurut saya genting sekali," kata Tifatul di gedung DPR, Jakarta, Rabu 19 Juli 2017.

Ia mengkhawatirkan ke depan ada kosong kepemimpinan DPR karena telat merespons. Walaupun pimpinan DPR sifatnya kolegial dalam bekerja, tapi pimpinan juga sebagai simbol. Sehingga dengan ditetapkannya Setya Novanto sebagai tersangka bisa ikut disebut mencoreng nama DPR dalam tanda kutip.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Jadi pandangan negatif ini juga harus diklarifikasi. Dan juga kepemimpinan DPR jangan sampai di mata masyarakat menyamaratakan seluruh anggota DPR berbuat demikian. Memang ada, saya akui dan sudah terbukti. Ada beberapa oknum DPR yang terlibat dalam masalah ini," kata Tifatul.

Menurutnya, soal pergantian Ketua DPR ini sudah ada mekanismenya khusus untuk Ketua DPR definitif. Sehingga persoalan ini tak menjadi pertanyaan di masyarakat. Maka pimpinan DPR harus segera memutuskan hal ini.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

"Ya diputuskan itu sebagaimana mestinya. Kalau orang tesangka diganti atau tidak," lanjut anggota Majelis Pertimbangan DPP PKS tersebut.

Ia menjelaskan persoalan ini memang harus dipertimbangkan aspek legal. Setelah itu, soal moral juga menjadi aspek pertimbangan lainnya.
    

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024