Tak Cukup Kursi, Ridwan Kamil: Nothing To Lose

Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung Jawa Barat
Sumber :
  • Bandung.go.id

VIVA.co.id – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kembali mengisyaratkan kekhawatirannya untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Minimnya dukungan partai kepadanya cukup membuat keyakinan Kamil goyah.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

Dalam pernyataannya, Senin, 12 Juni 2017, Kamil mengaku bila saat ini keikutsertaanya dalam Pilgub Jawa Barat 2018 masih dalam proses ikhtiar.

"Kalau sedang berusaha itu antara jadi dan tidak jadi, kalau kursinya cukup ya mencalonkan. Kalau tidak cukup, tidak jadi mencalonkan. Jadi saya nothing to lose," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini di Kantor Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Bandung.

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Kamil menyebut, saat ini baru ada Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang telah menyatakan kesiapannya menyokong dirinya di Pilgub. Namun demikian, ia masih membutuhkan 15 kursi lagi untuk bisa berpartisipasi.

"Kalau ternyata kursinya tidak mencukupi, ya buat apa saya ngotot, berarti tidak jadi," katanya.

PPP Intens Bahas Ajakan Gerindra Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Sebelumnya Partai NasDem mengakui cukup kesulitan untuk merangkul partai lain untuk koalisi. Komposisi lima kursi yang dimiliki NasDem jelas tak mencukupi prasyarat 20 persen kursi DPRD untuk menyokong calon kepala daerah.

Respons negatif juga diluncurkan Partai Gerindra dan PKS. Dua partai yang memiliki total kursi 23  ini, menilai Kang Emil ada indikasi kepentingan lain di balik pencalonannya.

"Kalau Pak Ridwan Kamil insyaf, kita akan dukung. Kalau tidak, terpaksa kita lawan," ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya