Putra Amien Rais Tak Jadi Masuk Pansus KPK

Politikus senior PAN Amien Rais (tengah) bersama putranya, Hanafi Rais (kanan) dan Dradjad Wibowo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Nama Hanafi Rais sempat disebut pimpinan Pansus Angket KPK sebagai perwakilan Fraksi PAN dalam pansus. Namun, Fraksi PAN mengklarifikasi bahwa bukan Hanafie yang dikirim ke pansus melainkan tiga nama anggota fraksi lainnya.

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

Ketiga nama yang dikirim ke Pansus Angket KPK adalah Mulfachri Harahap, Daeng Muhamad, dan Muslim Ayub.

Sekretaris Fraksi PAN, Yandri Susanto mengatakan alasan fraksinya memprioritaskan tiga nama dari komisi III. Sebab, komisi III bermitra dengan KPK. Dengan mengirimkan tiga nama dari Komisi III, dinilai mengetahui seluk beluk persoalan.

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

Namun, Yandri menekankan sejauh ini Fraksi PAN belum mengirimkan surat resmi untuk mengajukan tiga nama tersebut ke Pansus Angket KPK.

"Pasti pihak sekretariat tunggu surat Fraksi PAN. Hingga kemarin kami belum kirimkan surat resmi. Kita tak bicara ilegal atau tidak, kalau usul inisiatif maka kami hargai," kata Yandri di gedung DPR, Jakarta, Kamis 8 Juni 2017

Muhaimin Ungkap Isyarat Jokowi jika Ingin Reshuffle Kabinet

Terkait hal ini, anggota Pansus KPK Fraksi PAN, Mulfachri Harahap mengatakan anggota komisi III dinilai lebih kompeten. Terkait adanya nama Hanafi Rais yang sempat disebut mewakili PAN, ia menilai hal tersebut hanya salah informasi.

"Saya kira enggak ya, saya kira enggak. Itu misinformasi saja. Fraksi tidak pernah mengeluarkan nama Hanafi dalam komposisi anggota fraksi PAN di pansus angket. Jadi saya kira itu informasi yang salah," kata Mulfachri.
    
Sebelumnya, Hanafi Rais hadir di rapat perdana Pansus Angket KPK dengan agenda pemilihan pimpinan, Rabu, kemarin. Kehadiran Hanafi itu tak lama setelah kedatangan ayahnya, Amien Rais ke DPR untuk menemui perwakilan Fraksi PAN.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah)

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

Sejak tiba di Padang pada 29 Desember 2021, Zulkifli Hasan langsung tancap gas untuk bertemu kader-kadernya di Sumbar.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2021