PKS Blunder Jika Usung Istri Aher di Pilgub Jabar

Netty Heryawan Prasetyani, istri Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat, di Bandung pada Selasa, 30 Mei 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id – Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih menggodok nama-nama yang akan diusung di Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang. Sejumlah nama dari internal PKS tengah bersaing untuk mendapat restu Majelis Syuro PKS. Satu nama yang disodorkan adalah istri Ahmad Heryawan, Netty Prasetyani Heryawan.

Softbank Batal Investasi di IKN, Fraksi PKS: Jangan Perbesar APBN

Namun, menurut Pengamat Politik Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, Asep Warlan Yusuf, jika PKS Jabar tetap mengusulkan istri Gubernur Jawa Barat itu menjadi calon di Pilkada Jabar 2018, berpotensi blunder.  

"Ini akan besar sekali potensi terjadi blundernya. Masyarakat pasti akan mencatat bagaimana PKS ketika Pilgub 2013 lalu yang menyatakan pemimpin laki-laki lebih baik, ketika Ahmad Heryawan bersaing dengan Rieke Diah Pitaloka. PKS akan dinilai inkonsisten," kata Asep, Senin, 5 Juni 2017.

Sebagaimana diketahui, PKS selama ini dikenal sebagai partai yang bergerak dengan prinsip dan nilai-nilai agama. Salah satunya dengan mengedepankan peran laki-laki untuk diposisikan dalam kursi kepemimpinan daerah. Meskipun harus diakui, kualitas Netty Prasetyani Heryawan juga cerdas dan mumpuni sebagai pemimpin.

Bahkan, Asep menilai, dikutsertakannya Netty Heryawan dalam konstestasi Pilgub Jawa Barat 2018 akan mengganjal karir politik Ahmad Heryawan di tingkat nasional. "Hanya saja, di Jawa Barat masih ada kalangan yang menilai tabu (pantangan) kepemimpinan wanita di tengah banyaknya tokoh laki-laki yang boleh jadi mampu memimpin Jawa Barat," ujarnya.

Dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI, Begini Kata Abdurrahman Suhaimi

Asep menyarankan, sebaiknya Netty Heryawan mengoptimalkan perannya sebagai pendorong Ahmad Heryawan untuk melanjutkan karir politik di tingkat nasional. "Sangat mungkin Pak Aher lanjut ke nasional, minimal Wapres bahkan Capres sekalipun. Saya kira Pak Aher layak dan mempunyai kans yang besar," ujarnya.

Sebelumnya, DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat memutuskan akan mengusung Netty Prasetyani Heryawan dan Ahmad Syaikhu sebagai kandidat calon gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 mendatang.

Istri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Ketua DPW PKS Jabar itu akan diajukan DPW PKS Jabar kepada DPP PKS sebagai kandidat cagub. Dua nama itu muncul setelah melalui proses yang telah dilakukan internal partai.

"Alhamdulillah ada satu tahap lebih maju. Pengusulan calon kita kerucutkan menjadi dua orang. Ibu Netty Heryawan dengan Pak Ahmad Syaikhu," kata Sekum DPW PKS Jabar, Abdul Hadi. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya