PDIP Akui Pungut Biaya Pendaftaran Calon di Pilkada Jatim

PDIP dalam sebuah momen kampanye.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/Roy Tangka

VIVA.co.id - Anggota DPR Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dapil Jawa Timur, Eva Sundari, buka-bukaan soal kabar dibanderolnya formulir pendaftaran PDIP untuk Pilkada Jawa Timur. Kabar banderol formulir seharga Rp100 juta tersebut mencuat saat Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mendaftarkan diri.

Ketika Puti Guntur Soekarno Menggenggam Tangan Khofifah

Eva membenarkan adanya kabar tersebut. Ia bahkan menambahkan biaya yang dibebankan pada calon tidak hanya uang Rp100 juta tersebut ketika calon bersangkutan mendapatkan rekomendasi partai untuk dicalonkan.

"Yang tertinggi kan untuk saksi. Nah, yang 100 juta itu untuk biaya survei elektabilitas para calon untuk menentukan rekom. Jadi bukan untuk partai, itu biaya operasional," kata Eva melalui pesan singkat pada VIVA.co.id, Senin, 5 Juni 2017.

Arumi dan Puti Bikin Pendaftaran Cagub Jatim Gagal Fokus

Adapun biaya yang akan dikeluarkan calon pasca direkomendasikan partai untuk dicalonkan nantinya tak hanya dibebankan pada calon bersangkutan. Tapi biaya tersebut akan ditanggung secara gotong royong.

"Belum dihitung. Tapi jangan lupa, kami gotong royong seperti juga di pilkada-pilkada yang lain. Partai juga kontribusi banyak, jauh lebih banyak terutama karena infrastruktur partai kan tidak bisa dinilai uang. Di Jatim, PDIP lengkap hingga ke anak ranting (dusun)," kata Eva.

Puti Soekarno Dianggap Mampu Rebut Suara Ibu-ibu

Saat ditanya soal apakah ada patokan nominal bagi calon atau kader partai untuk bergotongroyong menyumbang dana saat pilkada Jatim, ia mengatakan tak ada patokan tersebut. Sebab akan bergantung pada kebutuhan.

"(Kebutuhan tersebut di antaranya) mengorganisir kampanye, menggerakkan pemilih, pelatihan saksi," kata Eva. (ase)

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Hidayat Nur Wahid.

Dukung Gus Ipul, PKS Tak Mau Dianggap Koalisi dengan PDIP

Gus Ipul sudah jauh-jauh hari meminang PKS.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2018