Risma Bakal Saingi Gus Ipul dalam Bursa Cagub Jatim

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA.co.id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur telah membuka pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pemilihan Kepala Daerah Jatim 2018. Sementara ini baru dua nama yang sudah mendaftar ke PDIP, yakni bakal calon gubernur yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, dan Ketua PDIP Jatim, Kusnadi.
 
Satu nama lagi yang dikabarkan akan mendaftar sebagai bakal calon ke PDIP Jatim, yakni Tri Rismaharini atau Risma. Wali Kota Surabaya itu kabarnya akan didaftarkan oleh PDIP Kota Surabaya. Risma didukung berdasarkan rapat internal partai berlambang kepala banteng bermoncong putih tersebut pada Jumat malam, 2 Juni 2017.
 
Sekretaris PDIP Surabaya, Syaifudin Zuhri, membenarkan soal keputusan rapat internal yang bakal mendaftarkan Risma sebagai calon gubernur melalui PDIP. “Pekan depan kami akan mengambil formulirnya,” katanya dikonfirmasi wartawan pada Sabtu, 3 Juni 2017.

Golkar Bali Ingin Koalisi Indonesia Maju Berlanjut Hingga di Pilkada

Jika itu terjadi, Risma dipastikan akan bersaing dengan Gus Ipul dalam meraih rekomendasi PDIP.
 
PDIP Surabaya wajar mengusulkan Risma. Belakangan ini namanya turut muncul mewarnai bursa Pilkada Jatim, berseliweran dengan nama-nama lain macam Khofifah Indar Parawansa (Menteri Sosial dan Ketua Umum Muslimat NU) dan Gus Ipul. Risma juga satu di antara beberapa kader unggulan PDIP.
 
“Dua periode pimpin Kota Surabaya, kinerja Bu Risma tidak diragukan,” ujar Syaifudin.

Sejak 2010, apresiasi nasional dan dunia internasional terhadap kinerja Risma menata Kota Surabaya diperoleh. “Apalagi, hasil survei menjelang Pilkada Jatim 2018, (Risma) termasuk tinggi,” katanya.

Heru Budi Kewalahan Kalau Jakarta Diguyur Hujan Selama 4 Jam

Baca: PAN Nilai Khofifah Bisa Ungguli Gus Ipul di Pilkada Jatim
 
Syaifudin mengatakan, Risma tidak menolak maupun mengiyakan. Dalam beberapa kesempatan wawancara, Risma selalu mengatakan akan berkonsentrasi memimpin Surabaya. “Tapi partai punya pertimbangan lain, baik dari hasil survei maupun kajian tertentu sebagai penentu memberikan rekomendasi,” tuturnya.
 
Seperti diketahui, PDIP Jatim membuka pendaftaran calon gubernur-wakil gubernur Pilkada Jatim 2018. Dua tahapan pendaftaran diberlakukan, yakni tahap pengambilan formulir dari 1-14 Juni 2017, dan tahap pengembalian formulir dari 15-30 Juni 2017. Untuk mengambil formulir, pendaftar diharuskan menyerahkan uang gotong-royong survei sebesar Rp100 juta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Pemprov DKI Anggarkan Rp 6,3 M Beli Moge Listrik, Dipakai Kawal Gubernur

Pemprov DKI Jakarta menganggarkan Rp 6,3 miliar untuk membeli 5 unit motor gede (moge) listrik yang akan digunakan mengawal pimpinan VVIP.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024