Petinggi Demokrat Tegaskan Kader Akan Diusung ke Pilpres

Ilustrasi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat rapimnas partai,
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Keinginan Partai Demokrat untuk mengusung kadernya maju ke Pilpres 2019 tak main-main. Mengusung kader agar bisa bersaing di Pilpres menjadi target agar elektabilitas partai meningkat.

Doa Anies Baswedan: Rakyat Bebas dari Hutang Pinjol

Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Sjarifuddin Hasan mengaku ingin partainya juga memajukan calon presiden di 2019.

"Partai Demokrat harus punya capres di 2019. Kan dari hasil rakernas, keinginan kader ya harus usung dari internal," kata Sjarif kepada VIVA.co.id, Jumat 2 Juni 2017.

Rektor Pakuan: Klaim Menang Pilpres 2019 Agar Disikapi Hati-hati

Terkait siapa yang akan diusung, Demokrat mengaku masih melihat keinginan masyarakat. Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang belakangan digadang-gadang kader juga belum bisa dipastikan. Menurut dia, biar rakyat yang menentukan.

"Semua ada proses dan mekanismenya. Tapi, Demokrat melihat suara rakyat," ujarnya menambahkan.

PKB Mengadu ke KPU Lamongan

Namun, diakui Sjarif bahwa AHY punya kapasitas sebagai pemimpin. AHY dinilai sebagai figur yang punya kemampuan untuk tampil bersaing menjadi pemimpin.

"AHY memiliki latar belakang pendidikan dan kemampuan untuk tampil sebagai pemimpin masa depan," kata Syarief.

Sebelumnya, AHY digadang-gadang bakal maju ke Pilpres 2019 dan itu diakui Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Roy Suryo. Menurut dia, keinginan AHY maju ke Pilpres merupakan aspirasi kader daerah.

"Ya, aspirasi kader itu memang benar ada," kata Roy kepada wartawan, Rabu 31 Mei 2017.

Namun, Roy mengingatkan, sebagai partai modern, Demokrat punya sistem yang mengedepankan taat asas dengan mekanisme internal. Salah satu yang akan jadi acuan seperti melihat hasil riset terkait elektabilitas bakal calon yang diusung partai berlambang Mercy biru tersebut. (mus)
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya