Soal Rangkap Jabatan, Ketua MPR Tunggu Pengganti Oso

Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (kiri).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Meski sudah dilantik sebagai ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Oesman Sapta Odang masih rangkap jabatan sebagai pimpinan MPR. Rangkap jabatan yang dilakukan Oso ini hampir berlangsung dua bulan.

Songsong Pemilu 2024, Oso Minta Kader Hanura Aktif Rangkul Rakyat

Terkait rangkap jabatan tersebut, MPR masih menunggu nama senator pengganti Oso. Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan nama pengganti itu menjadi kewenangan dari DPD.

"Itu urusan DPD kan, di sana belum rapat," kata Zulkifli ketika ditemui di kantornya di Kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 30 Mei 2017.

OSO Tunjuk Kodrat Shah Jadi Sekjen Hanura Gantikan Gede Pasek Suardika

Menurut dia, MPR tidak bisa menunjuk langsung siapa pengganti Oso. Dia menyerahkan sepenuhnya masalah ini ke DPD. Alasannya, nama pengganti Oso merupakan kewenangan DPD.

"Kami kan di sini sifatnya enggak bisa nunjuk, yang menunjuk DPD. Ini (DPD) kan otonom. Saya serahkan ke DPD," tutur Zulkifli.

OSO sampai Mendiang Tenaga Medis Corona Dapat Tanda Jasa dari Jokowi

Zulkifli juga belum mendengar nama anggota DPD yang berpotensi menggantikan Oso. Apalagi saat ini kepemimpinan Oso tengah digugat di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Sekarang ini belum ada usulan (pengganti Oso). Kenapa? Karena mereka belum bisa paripurna. Masih ada proses PTUN kan," kata Zulkifli

Seperti diketahui, Oso dilantik bersama dua pimpinan DPD lain yaitu Nono Sampono dan Damayanti Lubis pada Selasa, 4 April 2017. Pelantikan ini dipimpin langsung Wakil Ketua Mahkamah Agung Suwardi.

Namun, pelantikan ini tak meredam kekisruhan internal DPD. Kisruh lembaga senator tersebut berlanjut hingga gugatan ke PTUN Jakarta yang dilayangkan eks pimpinan DPD Farouk Muhammad dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya