Gara-gara Fahri Hamzah, Paripurna APBN 2018 Diwarnai Walkout

Ilustrasi ruang sidang paripurna DPR.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id – Rapat Paripurna dengan agenda pembahasan pandangan fraksi atas kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2018 diwarnai aksi walkout anggota parlemen.

Buka Beasiswa LPDP 2022, Menkeu Minta Pengelola Dana Abadi Transparan

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id di lokasi, Selasa 30 Mei 2017, anggota parlemen yang memutuskan untuk walk out berasal dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera. Alasannya, mereka mempertanyakan kapasitas pimpinan Rapat Paripurna Fahri Hamzah yang masih memiliki persoalan internal dengan Fraksi PKS.

"Saya keberatan rapat paripurna ini dipimpin Pak Fahri. Saya sebagai pribadi tidak bisa terus melihat ada ambiguitas di pimpinan. Jadi saya minta ke pimpinan untuk memproses Fahri Hamzah atau saya akan walk out," kata salah seorang anggota DPR Fraksi PKS, Sigit, dalam sidang paripurna, Jakarta.

Sri Mulyani: Subsidi Jadi Belanja APBN Terbesar pada Januari 2022

"Saya takut apa yang kita putuskan di sini jadi tidak legitimate. Kalau terus lanjut, saya akan keluar," katanya menambahkan.

Kendati demikian, interupsi yang dilontarkan oleh anggota parlemen justru tidak digubris oleh pimpinan rapat. Meskipun diproses, Fahri tetap memutuskan untuk melanjutkan rapat karena adanya sikap fraksi lain yang sempat teriak untuk meminta rapat dilanjutkan.

Jokowi Bahas Tiga Isu Utama APBN 2023 di Sidang Kabinet Paripurna

Rapat paripurna pun kembali dilanjutkan dengan pandangan dari Fraksi lain. Namun, ketika giliran fraksi PKS mendapatkan giliran untuk menyampaikan pandangan, Juru Bicara PKS, Ecky Awal Muharram pun memutuskan untuk menyerahkan pandangan secara tertulis, dan memutuskan walk out.

"Ini merupakan sikap PKS yang memandang proses pembahasan RAPBN 2018 terus berlanjut. Lalu berdasarkan sikap fraksi, saya akan keluar dari ruangan ini," tegas Ecky. 

Ilustrasi: Pemulihan Ekonomi. Foto: Shutterstock

Yuk Simak! Keberlanjutan Pemulihan Ekonomi Nasional 2022

Pandemi di Indonesia belum berakhir. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pemerintah untuk menangani dampak ekonomi ialah Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

img_title
VIVA.co.id
15 Juni 2022