Fadli Zon: Almarhum Ridwan Junior Saya Waktu Sekolah di AS

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Afra Augesty.

VIVA.co.id - Sejumlah pejabat hadir dalam upacara pemakaman adik kandung Anies Rasyid Baswedan, Ridwan Rasyid Baswedan, di TPU Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan. Salah satu di antara mereka adalah Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Sri Mulyani: Selamat Beristirahat di Sisi Terbaik Allah SWT

Fadli yang datang bersama dengan rombongan pejabat lain tampak mengenakan pakaian batik dominan coklat keemasan. Usai jenazah dimakamkan, politisi Partai Gerindra itu menyampaikan rasa belasungkawanya di hadapan awak media.

Ia mengatakan, bahwa saat kuliah dulu, almarhum adalah juniornya. Mereka berdua saling mengenal satu sama lain ketika mengikuti program pertukaran pelajar American Field Service (AFS).

Bambang Kristiono Sang ‘Samurai Prabowo’ Meninggal Dunia

"Saya turut berduka cita atas meninggalnya adik kandung Pak Anies. Kami kenal sejak tahun 90-an, beliau itu junior saya di AFS, ketika kami ikut pertukaran pelajar AFS. Tapi saat itu, almarhum ada di New Zealand dan saya di Amerika. Kita terpisah, namun masih dalam satu program," kata Fadli di TPU Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan, Sabtu 27 Mei 2017.

Sebagai aktivis, kata Fadli, mendiang Ridwan kerap menemani kakak kandungnya, yang akhirnya menjadi Gubernur DKI Jakarta terpilih, dalam kampanye putaran pertama. Sehingga ia pun merasa kehilangan sosok almarhum.

Sekjen Gerindra: Desmond Mahesa Orang yang Kritis dan Sangat Mencintai Partainya

"Kami merasa kehilangan pastinya, dan saya sampaikan turut berduka cita untuk keluarga Pak Anies," katanya.

Ridwan Rasyid Baswedan, lahir pada 11 Juli 1973 di Yogyakarta. Ia merupakan putra ketiga dari A. Rasyid Baswedan dan Aliyah Alganis. Almarhum menikah dengan Saviena Baraba dan tinggal di Jakarta. Semasa hidupnya, mendiang bekerja sebagai direktur di sebuah perusahaan teknologi.

Sejak muda, Ridwan dikenal sebagai seorang yang sangat aktif di lingkungannya. Ketika SMA, ia sempat menjadi Ketua OSIS di SMA 2 Yogyakarta. Saat kelas 2 SMA, ia juga terpilih menjadi siswa pertukaran pelajar SMA (AFS) ke Selandia Baru tahun 1991-1992. Saat mahasiswa, dia menjadi Ketua Dewan Mahasiswa UII Yogyakarta 1996-1998.

Ridwan merupakan tokoh mahasiswa yang memperjuangkan reformasi 1998. Ia menyelesaikan kuliahnya di S1 bidang Ekonomi, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan mendapatkan gelar MBA dari Leiden University, Belanda.

Sebelum berpulang, almarhum mendampingi serta mengatur kegiatan sepanjang perjalanan kampanye Gubernur DKI Jakarta untuk sang kakak, Anies Baswedan. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya