Kekompakan Megawati, Menteri Susi dan Risma Soal Tanaman

Megawati, Menteri Susi, dan Risma
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri kegiatan peluncuran gerakan 'Jaga Bhumi'. Mega ditemani Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Tiga tokoh perempuan ini terlihat kompak dalam mendatangi kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) tersebut. Gerakan ini bertujuan untuk melestarikan kekayaan alam yang ada di Indonesia dan Dunia.

Dalam sambutannya, Megawati yang juga Ketua Umum YKRI menceritakan pengalamannya yang hobi dalam menanam. Menurutnya, selama ini kebanyakan orang hanya mengetahui dirinya sebagai tokoh politik. Tapi, di sisi lain ia juga mempunyai jiwa estetika soal tanaman.

Hakim Saldi Isra: Keterangan 4 Menteri Jokowi Bisa Bantu MK Putuskan Sengketa Pilpres

"Mungkin ayah saya Bung Karno punya darah Bali. Jadi senang dengan alam tumbuhan dan hewan di istana juga sangat dijaga betul pohon dan hewannya sehingga seperti kebun binatang. Dan, dari situ saya tumbuh mencintai alam," kata Megawati dalam sambutannya di Rumah YKRI, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu 24 Mei 2017

Mega menambahkan, dalam menjaga lingkungan harus dibutuhkan peran serta seluruh masyarakat. Ia menyarankan agar membiasakan menanam tumbuhan meski hanya tanaman cabai atau tomat.

Empat Menteri Jokowi Sudah Hadir di Gedung MK, Siap jadi Saksi Sidang Sengketa Hasil Pilpres

Seharusnya, kata dia, masyarakat Indonesia bersyukur dengan kondisi alam yang subur dan berbeda seperti di Timur Tengah.

"Hari ini teman-teman minta pada saya kita mesti pro aktif menceritakan hal seperti ini. Sulit sekali memang masyarakat sendiri enggak mengerti kalau enggak ada tanaman Indonesia seperti gurun pasir. Sedangkan negara timur tengah saja usaha keras menanam. Kita yang sudah indah lupa kalau ini perlu dilindungi," ujarnya.

Mega juga menceritakan, ia juga kerap berdiskusi dengan Menteri Susi Pudjiastuti. Ia bahkan sempat berbagi tugas dengan Susi. "Saya sempat berbicara dengan bu Susi. 'Bu, bagaimana kalau saya jaga daratannya, Bu Susi jaga lautannya'," kata Mega

Sementara, Susi sependapat dengan Mega. Susi akan bersama-sama dengan masyarakat Indonesia untuk menjaga kekayaan alam dan kelestarian Flora Fauna Indonesia dan dunia.

Bahkan Susi juga akan menindak tegas jika ada oknum yang merusak lingkungan di Tanah Air. "Pokoknya  kalau tidak jaga bumi saya tenggelamkan," ujar Susi.

Selain Megawati dan Susi, Risma juga menyatakan komitmennya. Risma bahkan telah memulai sebuah langkah melestarikan lingkungan dengan akan membangun kebun raya Mangrove di Surabaya. "Jadi kalau biasanya kebun raya itu di daratan, ini di pantai. Tanamannya juga jenisnya tanaman pantai yaitu Mangrove," kata Risma.

Dengan adanya kebun raya Mangrove ini, Risma mengklaim akan mengembalikan fungsi pantai Surabaya. Selain itu, juga menjadi mata pencaharian bagi warga sekitar. "Sebetulnya itu juga melindungi Surabaya kalau terjadi misalkan tsunami," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya