Kata Jusuf Kalla soal Vonis Dua Tahun Ahok

Wapres Jusuf Kalla dan istri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah dijatuhi vonis dua tahun penjara terkait kasus penistaan agama. Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan tanggapan terkait vonis ini.

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

Melihat perkara penistaan agama sebelumnya seperti yang menjerat Arswendo Atmowiloto, vonis dua tahun Ahok sudah wajar.

"Pertama, saya tidak ingin menilai vonis hakim. Tapi, dari perkara sebelumnya, umumnya ya harus dua tahun. Malah itu yang wartawan, Arswendo lima tahun. Jadi, saya tidak ingin bilang ini (vonis) kecil, tidak," kata JK dikutip dari wawancara dengan tvOne, Selasa, 23 Mei 2017.

Kata Jusuf Kalla Soal Kabar Cak Imin-Anies Masuk Bursa Pilpres 2024

JK juga menilai, adanya aksi unjuk rasa memprotes vonis Ahok sebenarnya tak perlu dilakukan. Secara angka pemilih, sekitar dua juta warga DKI memilih Ahok. Diharapkan agar masalah agama tak disangkutpautkan dengan persoalan ini.

"Bahwa ada peristiwa hukum, kita harus pahami dan terima. Yang memilih Ahok kan 2,3 juta orang. Banyak warga muslim yang juga dukung Ahok," tutur JK.

Saat Jusuf Kalla Cerita ke Gus Miftah Tentang Kisah Inspiratifnya

Seperti diketahui, Ahok divonis majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara dengan hukuman dua tahun penjara pada Selasa, 9 Mei 2017. Dalam putusannya, Ahok langsung ditahan. Putusan hakim ini lebih tinggi dibandingkan tuntutan jaksa penuntut umum yang hanya satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

Momen Lucu LPSK Sangat Sigap Kawal Richard Eliezer

Momen Lucu LPSK Sangat Sigap Kawal Richard Eliezer, Netizen: Good Job!

Terdapat momentum lucu dan menarik ketika detik-detik pembacaan vonis terhadap terdakwa Bharada E., yaitu sigapnya LPSK sangat mengamankan Richard Eliezer

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2023