Efek Ahok, Elektabilitas Golkar Anjlok

Partai Golkar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA.co.id – Lingkaran Survei Indonesia menyebut kekalahan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memberikan efek negatif untuk Partai Golkar. Alasannya, sekitar 70 persen publik nasional mengikuti persaingan politik di Ibu Kota tersebut.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

"Mereka terkotak-kotak anti-Ahok dan pro-Ahok. Secara nasional, pendukung anti-Ahok lebih besar. Ini berpengaruh ke elektabilitas," kata peneliti LSI, Adjie Alfaraby, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin, 22 Mei 2017.

Adjie menuturkan elektabilitas Partai Golkar saat ini menurun. Pada Maret 2016, elektabilitas mereka mencapai 12,2 persen. Kemudian, Oktober 2016 sebesar 15,6 persen, dan Maret 2017 13,5 persen.

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

"Efek Pilkada DKI faktor utama. Turun 2 koma sekian persen. Secara nasional tanggapan negatif," ujarnya.

Baca Juga:

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Menurut Adjie, solusi atas situasi tersebut tergantung bagaimana Golkar menyikapinya. Salah satu yang penting adalah partai berlambang pohon beringin itu harus keluar dengan program yang baru.

"Misalnya menyusun program big bang. Bukan mengandalkan figur tapi program," ujarnya.

Selain itu, Golkar juga perlu merumuskan program yang menyentuh pemilih mayoritas termasuk umat Islam. Dia menyarankan agar mereka tidak diametral atau sejalan dengan situasi konflik yang terjadi yaitu ketika mayoritas publik  memberikan sentimen negatif terhadap Ahok.

"Mereka bersifat netral terhadap pemilih mayoritas," kata dia.

Kemudian, Golkar juga harus bisa menjadi bagian dari pihak yang menang di Pilkada Serentak 2018. Khususnya daerah-daerah strategis seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Kalau kalah, kurang menguntungkan. Golkar harusnya jangan kaku dalam membangun koalisi di Pilkada 2018. Di Pilkada DKI, Golkar satu paket dengan PDIP yang mengusung Ahok," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya