TUTUP
TUTUP
POLITIK

Muhaimin Pimpin Gerakan Mengaji di Bandung

Ribuan santri berjalan kaki sambil menyanyikan Indonesia Raya.
Muhaimin Pimpin Gerakan Mengaji di Bandung
Nusantara Mengaji (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Kota Bandung akhir pekan ini bakal menjadi lautan mengaji. Tak kurang dari 50 ribu santri se-Jawa barat akan berkumpul di di Masjid Raya Bandung, Jalan Asia-Afrika, untuk menjalankan Bandung Lautan Mengaju, program lanjutan Nusantara Mengaji yang diinisiasi Muhaimin Iskandar. Ribuan santri nantinya akan melakukan 1000 kali khatam Alquran.

Koordinator Wilayah Nusantara Mengaji Jawa Barat, Cucun A Syamsurizal menuturkan, kegiatan Bandung Lautan Mengaji merupakan tindak lanjut dari program Nusantara Mengaji. Untuk wilayah Jawa Barat, akan dipusatkan di Bandung.  

Cucun mengatakan, seluruh perwakilan pesantren akan mengirimkan santri dan santriwatinya dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Barat. Kegiatan ini tak hanya diikuti ribuan santri, tapi juga melibatkan para tokoh masyarakat dan ulama di Jawa Barat. 

Selain mengkhatamkan kitab suci Alquran, kegiatan Bandung Lautan Mengaji akan diisi dengan Salat Subuh Berjamaah. Sebab kegiatan tersebut diawali sejak pukul 03.00. 

"Selepas Salat Subuh Berjamaah dilakukan persiapan jalan santai menuju Monumen Bandung Lautan Api Tegal Lega,” kata Cucun yang juga Sekretaris Fraksi PKB itu.

Sekretaris Panitia, Ahmad Irfan Alawi mengungkapkan, teknis acara ketika jalan santai. Massa santri yang laki-laki akan jalan kaki menuju Monumen Bandung Lautan Api dengan mengenakan sarung, berbaju koko dan berpeci. 

Sepanjang perjalanan itu, santri akan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan lagu Syubbanul Wathon sebagai penegasan kebangsaan di Jawa Barat.

“Pak Muhaimin Iskandar pun ikut jalan kaki. Dan setibanya di Monumen Bandung Lautan Api langsung orasi kebangsaan,” ujarnya. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP