TUTUP
TUTUP
POLITIK

Demi Ahok, Legislator Sulut Mundur dari Jabatannya

Dia berasal dari PKPI.
Demi Ahok, Legislator Sulut Mundur dari Jabatannya
Massa pendukung Ahok di depan Rutan Cipinang, Jakarta Timur. (VIVA.co.id/Chandra Gian Asmara)

VIVA.co.id - Seorang anggota DPRD Sulawesi Utara dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia atau PKPI, Denny Harry Sumolang, melakukan hal yang tak biasa. Dia rela meninggalkan kursi empuknya itu demi membela Basuki Tjahaja Purnama yang sedang dipenjara akibat kasus penistaan agama.

"Surat pengunduran diri yang ditandatangani di atas kertas meterai ini sudah saya serahkan kepada Gubernur Olly Dondokambey dan pimpinan DPRD Sulut pada rapat paripurna buka tutup masa sidang II, Selasa, 16 Mei 2017 kemarin," ujarnya di Manado, Rabu, 17 Mei 2017.

Denny menegaskan inti pengunduran dirinya tersebut untuk memberi dukungan secara moril kepada Ahok sebagai pejuang kebenaran yang dikalahkan dan dipenjarakan oleh para penyamun-penyamun keserakahan yang haus kekuasaan.

Selain itu, kata dia, apa yang telah dilakukan juga sebagai penghormatan kepada mentor politiknya, almarhum Hanny Sondakh, mantan Wali Kota Bitung dua periode.

"Ini penghormatan terhadap Bapak Hanny Sondakh yang sudah mengajak dan mempercayakan saya sebagai kader PKPI sejak tahun 2007 sampai 2017," ujar Denny lagi.

Pengunduran dirinya juga adalah untuk merealisasikan dan membuktikan komitmen imannya saat ia dilantik, 2014 silam.

"Saya sadar bahwa kursi dan jabatan saya bukan murni dari capaian elektabilitas yang memenuhi kuota bilangan pembagi bagi pemilih di dapil saya, Minut-Bitung. Saya memberi hak kepada teman-teman yang mendukung hingga saya bisa duduk di DPRD Sulut ini. Dan dalam rapat paripurna DPRD yang terhormat ini, dari hati nurani yang tulus dan di dalam nama Tuhan Yang Maha Esa, sebagaimana saya juga diangkat sumpah dan janji jabatan, saya Denny Harry Sumolang mengundurkan diri dan siap di-PAW oleh PKPI tanpa ada paksaan dan intervensi manapun. Sadar dan sehat jasmani dan rohani," ujarnya.

Ketua Fraksi Nurani Untuk Keadilan DPRD Sulut, Felly Runtuwene, menyesali apa yang menjadi keputusan Denny Sumolang. Karena menurutnya, Denny sebagai personel Komisi I Bidang Pemerintahan dan Hukum tersebut adalah legislator andalan di fraksinya.

"Saya sangat berharap, Pak Denny yang akan menggantikan saya sebagai ketua fraksi. Karena Pak Denny sangat potensial, kritis dan penuh dedikasi dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota DPRD dan wakil rakyat yang membanggakan," katanya. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP