TUTUP
TUTUP
POLITIK

Fahri Kembali Soroti Peran Ketua KPK di Proyek e-KTP

Agus Rahardjo merupakan bekas Kepala LKPP.
Fahri Kembali Soroti Peran Ketua KPK di Proyek e-KTP
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah. (VIVA.co.id/ Reza Fajri.)

VIVA.co.id - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Fahri Hamzah, kembali menghubungkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Agus Rahardjo, dengan kasus korupsi proyek e-KTP. Dia menyoroti peran Agus saat pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

"Kasus ini terjadi 2010-2011 pada saat (Agus) Dirut LKPP. Pak Agus-lah yang tahu kejadian, bahkan dalam audit dan wawancara dengan pejabat Kemendagri, Agus berkali-kali hadir dalam rapat," kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 15 Mei 2017.

Karena itu, Fahri menyebut ada konflik kepentingan antara Agus dengan kasus yang tengah diusut oleh lembaga anti korupsi itu. Fahri bahkan menyebut Agus ingin terlihat gagah.

"Kalau sekarang sebagai Ketua KPK, Pak Agus mau gagah-gagahan kelihatan mau memproses kasus e-KTP. Itu conflict of interest," ujar Fahri.

Fahri mempertanyakan apakah pengusutan kasus ini untuk menutupi peran Agus atau kelompok tertentu yang juga bermasalah. Yang jelas menurutnya Agus punya masalah moral dalam pengusutan kasus ini.

"Pak Agus punya masalah moral di sini, kenapa dia nggak mundur?" kata Fahri.

Kasus korupsi proyek e-KTP saat ini tengah bergulir di pengadilan. Sejumlah orang sudah menjadi terdakwa dan juga tersangka. Selain itu, banyak nama-nama tokoh besar diduga terlibat.

Dalam kasus tersebut, negara diduga rugi hingga Rp2,3 triliun. Sementara total dari proyek itu senilai Rp5,9 triliun. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP