TUTUP
TUTUP
POLITIK

PDIP: Silakan KY Investigasi Promosi Hakim Kasus Ahok

Promosi terhadap mereka dipersoalkan.
PDIP: Silakan KY Investigasi Promosi Hakim Kasus Ahok
Junimart Girsang di Kejagung. (VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id - Kepala Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Junimart Girsang, menanggapi soal promosi jabatan tiga hakim yang menangani sidang Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Sejauh ini, dia melihat tidak ada yang aneh dalam persoalan tersebut.

"Menurut saya itu promosi. Karena memang untuk para majelis dalam perkara Pak Basuki Tjahaja Purnama, sesuai dengan aturan yang saya ketahui itu sudah jauh-jauh hari dilakukan dalam rapat-rapat di Mahkamah Agung untuk tentukan karir tiap hakim," kata Junimart saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat 12 Mei 2017.

Ia menambahkan para hakim tersebut juga sudah waktunya harus berpindah tempat sesuai dengan jenjang karir. Meski begitu, kalau memang ada keraguan dari Komisi Yudisial (KY) maka ia mempersilakan untuk menginvestigasinya.

"Namun kalau ada bukti yang mendukung adanya keraguan dalam rangka promosi atau mutasi tersebut, ya silakan saja KY melakukan investigasi tentang itu," kata Junimart.

Sebelumnya, Juru Bicara Komisi Yudisial, Farid Wajdi, menanggapi pemberitaan promosi tiga hakim yang menangani sidang Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Menurutnya, semua pihak patut untuk mencurigainya.

"Karena diskresi dipromosikannya ketiga hakim tersebut hanya selang satu hari pasca-sidang pembacaan putusan," kata Farid melalui pesan singkat pada VIVA.co.id, Jumat 12 Mei 2017.

Dia menyampaikan, yang harus diperhatikan adalah apa betul 3 hakim tersebut telah memenuhi syarat formil untuk dipromosi sebagaimana SK KMA No. 139/KMA/SK/VIII/2013.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP