TUTUP
TUTUP
POLITIK

Wakil Ketua DPR: Masih Ada Keadilan di Negeri Ini

Ini terkait vonis dua tahun penjara terhadap Ahok.
Wakil Ketua DPR: Masih Ada Keadilan di Negeri Ini
Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan

VIVA.co.id - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Taufik Kurniawan, mengatakan, persoalan hukum yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama sebaiknya diambil hikmahnya. Upaya itu agar semua pihak bisa kembali rukun.

"Kami melihat ada satu masalah penistaan agama, ini sudah melebar ke mana-mana. Semoga ini ada hikmahnya, meskipun selubang jarum pun. Insya Allah keadilan masih ada di negeri ini," kata Taufik di gedung DPR, Jakarta, Selasa 9 Mei 2017.

Politikus dari Fraksi Partai Amanat Nasional itu pun menghormati vonis terhadap Ahok. Meskipun masih ada upaya hukum lainnya hingga berujung pada putusan yang final.

"Kami hormati sama-sama proses pengadilan itu. Kami pasrahkan ke majelis hakim masalah ini sudah inkracht atau belum, itu kan ada hak dari terdakwa," kata Taufik. 

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara memvonis Ahok dengan hukuman dua tahun penjara atas perkara dugaan penodaan agama dalam persidangan di Auditorium Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa 9 Mei 2017.

"Menyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan penodaan agama," ujar Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto.

Dalam pertimbangannya, hakim mengemukakan hal yang memberatkan dan meringankan. Hal yang memberatkan di antaranya, terdakwa tidak merasa bersalah, perbuatan terdakwa menimbulkan keresahan dan mencederai umat Islam, perbuatan terdakwa dapat memecah kerukunan antarumat beragama dan antargolongan.

Adapun hal yang meringankan, di antaranya terdakwa belum pernah dihukum, bersikap sopan selama persidangan, dan kooperatif selama persidangan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP