TUTUP
TUTUP
POLITIK

PKS Siapkan Kader ke Pilgub Jabar, Jadi Cagub atau Cawagub?

Satu dari tiga nama yang akan dipilih adalah istri Ahmad Heryawan.
PKS Siapkan Kader ke Pilgub Jabar, Jadi Cagub atau Cawagub?
Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman (tengah) bersama Hidayat Nur Wahid (kanan), dan Salim Segaf Al-Jufri (kiri) menghadiri Mukernas ke-4 PKS di Depok, Jawa Barat. (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Presiden DPP PKS Sohibul Iman mengatakan partainya sudah menjaring tiga nama kader yang akan diusung ke Pilgub Jawa Barat, tahun depan. Ia menegaskan dari tiga kader yang disiapkan, tak ada nama dirinya yang sempat disebut akan ikut maju.

Sohibul menyebut nanti akan dipilih satu dari tiga nama tersebut yang kemudian diusung maju ke Pilgub Jabar. Menurutnya, PKS akan menyesuaikan konstelasi koalisi untuk penempatan kadernya sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur.

"Bisa cagub, bisa cawagub. Tergantung konstelasi koalisinya," kata Sohibul dalam pesan singkatnya kepada VIVA.co.id, Selasa, 9 Mei 2017.

Dia menjelaskan sebelumnya ada tiga kader yang sudah dikerucutkan dari belasan nama dalam proses penjaringan. Tiga nama yang sudah dikantongi yaitu Ketua DPP PKS urusan wilayah Dakwah Banten, Jakarta, dan Jabar, Tate Qomarudin, Ketua DPW PKS Jabar Ahmad Syaikhu, serta istri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Netty Prasetyani.

"PKS sudah melakukan pemilu internal. Dari sekian belas nama yang dijaring, terus mengerucut jadi 5 orang, dan sekarang sudah 3 orang," jelas Sohibul.

Kemudian, PKS akan mengumumkan nama kadernya yang maju ke Pilgub Jabar setelah ada keputusan dari dewan pimpinan pusat (DPP). "Tunggu saja. Nanti kalau sudah diputuskan salah satunya akan diumumkan," tuturnya.

Dalam perkembangannya menjelang Pilgub Jabar, PKS memberikan sinyal akan berkoalisi dengan Gerindra. Beberapa elite kedua partai termasuk Sohibul Iman berharap koalisi kembali terjalin di Pilgub Jabar. Salah satu alasannya karena keberhasilan koalisi Gerindra-PKS memenangkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilgub di DKI. (one)


    
    
    

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP