TUTUP
TUTUP
POLITIK

Gus Ipul Hadir di Acara Golkar, Cari Tiket Pilkada?

Acara dihadiri beberapa petinggi partai.
Gus Ipul Hadir di Acara Golkar, Cari Tiket Pilkada?
Gus Ipul saat menghadiri acara DPD Golkar di Surabaya. (Nur Faishal (Surabaya))

VIVA.co.id – Saifullah Yusuf alias Gus Ipul kerap menunjukkan keakraban dengan pimpinan sejumlah partai politik di Jawa Timur. Dia selalu hadir ketika acara parpol digelar di Kota Surabaya, apalagi dihadiri petinggi partai dari pusat.

Apakah hal itu dilakukan untuk mendapatkan tiket menuju Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018?

Masyarakat Jatim sudah mafhum dengan keinginan Gus Ipul maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jatim nanti. Di media massa, beberapa kali dia terang-terangan menyatakan maju. Cuma, hingga sekarang belum ada satu pun partai yang menyatakan secara resmi akan mendukungnya.

Tidak heran jika Gus Ipul terus berupaya mendekati pentolan partai untuk mendapatkan tiket maju. Seperti pada acara Pelantikan Pengurus DPD Partai Golongan Karya Jawa Timur di Jalan A Yani Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 6 Mei 2017.

Di acara itu, hadir Ketua Umum Golkar, Setya Novanto; dua tokoh senior Golkar, Akbar Tandjung dan Agung Laksono; serta sejumlah pimpinan partai lain tingkat Jatim, termasuk Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo.

Setnov, panggilan Setya Novanto, melantik pengurus DPD Golkar Jatim pimpinan Nyono Suharli Wihandoko. Beberapa kali Gus Ipul disapa sebagai calon gubernur oleh tokoh yang disediakan waktu oleh panitia untuk menyampaikan sambutan di atas panggung. "Yang saya hormati, calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf," kata Nyono saat sambutan.

Soekarwo yang hadir dalam kapasitasnya sebagai Gubernur Jatim, juga menyinggung soal pencalonan Gus Ipul. Dengan nada bercanda, Pakde Karwo, panggilan Soekarwo, menyinggung acara itu dengan poros 'kuning-hijau'.

Setnov sendiri menyampaikan keinginan partainya untuk mengusung calon Gubernur Jawa Timur dari unsur Nahdlatul Ulama. Tetapi, dia tidak menyebut secara spesifik apakah yang dia maksud adalah Gus Ipul yang menempati posisi sebagai salah satu ketua di Pengurus Besar NU.

Sebab, selain Gus Ipul, ada sosok lain yang juga berada di lingkaran struktural NU, yakni Menteri Sosial yang juga Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa.

Gus Ipul merespons sindiran dalam sambutan itu dengan tawa lepas. Selepas acara, dia lalu masuk ke sebuah ruangan di lantai dasar kantor Golkar Jatim, berkumpul dengan pimpinan sejumlah partai.

Gus Ipul tidak mengungkapkan, apakah muncul obrolan soal dukung-mendukung di dalam ruangan. Pembicaraan, kata dia, hanyalah terkait bagaimana Pilkada di Jatim berjalan teduh dan menyejukkan nanti. "Membangun keakraban. Beda partai, tapi semua saudara," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP