TUTUP
TUTUP
POLITIK

Miryam Ditahan KPK, Hanura Siapkan Penggantinya di DPR

Namun, Hanura masih merahasiakan calon pengganti Miryam.
Miryam Ditahan KPK, Hanura Siapkan Penggantinya di DPR
Miryam S Haryani diserahkan ke KPK. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

VIVA.co.id - Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang, belum mau mengungkapkan nama calon pengganti Miryam S Haryani di DPR. Miryam, yang merupakan anggota Komisi V DPR, menjadi tersangka keterangan tidak benar dalam kasus korupsi proyek e-KTP yang tengah ditangani KPK.

"Saya besok harus mengganti posisi Miryam," kata Oesman di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 4 Mei 2017.

Saat ditanya apakah yang akan menggantikannya Yuddy Chrisnandi atau Sudiro Asno, ia masih bungkam. Menurutnya, hal tersebut masih bersifat rahasia.

"Itu rahasia masa mau bongkar. Mentang kawan sama aku, mau bongkar rahasia aku, itu rahasia partai," kata Oesman.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum mengenai hasil Pemilihan Legislatif pada 2014 lalu, terlihat Miryam merupakan calon anggota legislatif atau caleg dari Partai Hanura, dengan daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat VIII. Dapil tersebut meliputi Kabupaten Indramayu dan Cirebon.

Pada dapil Jabar VIII itu, terdapat sembilan kandidat. Miryam memperoleh suara terbanyak yaitu 34.030. Dia kemudian disusul oleh Yuddy Chrisnandi dengan suara sebanyak 23.252, dan ketiga dipegang oleh Sudiro Asno dengan 10.867 suara.

Bila mengacu pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau MD3, pasal 242 yang berbunyi "Anggota  DPR yang berhenti antar waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2
39 ayat (1) dan Pasal 240 ayat (1) digantikan oleh calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama" maka calon pengganti Miryam adalah Yuddy Chrisnandi.

Yuddy sendiri saat ini menjadi Duta Besar RI untuk Ukraina, Republik Armenia, dan Georgia. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Berikut hasil perolehan suara para caleg Dapil Jabar VIII dari Partai Hanura pada Pileg 2014:

1. Yuddy Chrisnandi 23.252.
2. Miryam S Haryani 34.030.
3. Agus Nugroho 6.652.
4. Swastiningsih 3.440.
5. Siti Sarah 5.652.
6. Sudiro Asno 10.867.
7. Ricky Kurnia Margono 2.923.
8. Untung Riyadi 886.
9. Dewi Aty Indhrati Pringgodani 2.288.

Jumlah suara sah: 128.972.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP