Siapa Calon Pengganti Miryam S Haryani di DPR

Miryam S Haryani diserahkan ke KPK.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Anggota Komisi V DPR Miryam S Haryani terjerat kasus hukum. Dia menjadi tersangka keterangan palsu dalam kasus dugaan korupsi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang tengah ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Jaksa KPK: Novanto Cs Tekan Miryam Haryani Cabut BAP

Atas situasi tersebut, posisi Miryam di DPR pun terancam. Bahkan, sang Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang, sudah menyatakan akan mengganti posisi mantan anggota Komisi II DPR tersebut.

Lantas, siapa yang menjadi calon pengganti Miryam bila ia benar-benar diganti?

Victor Laiskodat dan Miryam Haryani Tak Lagi Anggota DPR

Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum mengenai hasil Pemilihan Legislatif pada 2014, terlihat Miryam merupakan calon anggota legislatif atau caleg dari Partai Hanura, dengan daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat VIII. Dapil tersebut meliputi Kabupaten Indramayu dan Cirebon.

Pada dapil Jabar VIII itu, terdapat sembilan kandidat. Miryam memperoleh suara terbanyak yaitu 34.030. Dia kemudian disusul oleh Yuddy Chrisnandi dengan suara sebanyak 23.252, dan ketiga dipegang oleh Sudiro Asno dengan 10.867 suara.

KPK Eksekusi Miryam ke Lapas Pondok Bambu

Bila mengacu pada Undang Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau MD3, pasal 242 yang berbunyi "Anggota  DPR yang berhenti antar waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 239 ayat (1) dan Pasal 240 ayat (1) digantikan oleh calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama”, calon pengganti Miryam adalah Yuddy Chrisnandi.

Yuddy saat ini menjadi Duta Besar RI untuk Ukraina, Republik Armenia, dan Georgia. Sebelumnya, dia menjabat menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Berikut hasil perolehan suara para caleg Dapil Jabar VIII dari Partai Hanura pada Pileg 2014:

  1. Miryam S Haryani 34.030
  2. Yuddy Chrisnandi 23.252
  3. Sudiro Asno 10.867
  4. Agus Nugroho 6.652
  5. Siti Sarah 5.652
  6. Swastiningsih 3.440
  7. Ricky Kurnia Margono 2.923
  8. Dewi Aty Indhrati Pringgodani 2.288
  9. Untung Riyadi 886

Jumlah suara sah: 128.972

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya