Fahri: Kenapa KPK Jadi Mitos?

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah
Sumber :

VIVA.co.id - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta, seluruh pihak tidak terlalu mencurigai hak angket terhadap KPK. Apalagi jika memandang KPK sebagai lembaga yang tidak bisa salah atau tidak tersentuh kesalahan.

Rekomendasi Pansus Angket Masuk Akal, KPK Harus Patuhi

"Kenapa seolah takut (dengan hak angket)? Kenapa jadi mitos, seolah tidak boleh dipersoalkan?" kata Fahri dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne, Selasa, 2 Mei 2017.

Fahri mengungkap ada pihak yang mencurigai adanya kesalahan di tubuh KPK. Menurutnya, hal itu sebenarnya perlu dibuktikan. “Mitos yang diciptakan ke KPK itu berlebihan," kata Fahri lagi.

PKS dan Demokrat Kompak Tolak Rekomendasi Pansus KPK

Politikus Partai Keadilan Sejahtera itu menuturkan contoh adanya upaya memitoskan KPK. Misalnya, Badan Keahlian DPR tidak berani berbicara soal revisi UU KPK karena ada penolakan.

"Rektor di kampus itu gemeteran. Seperti penistaan. Mirip mengintrepretasi ayat-ayat suci. Ini ada apa? Kenapa terlalu trauma. bukankah kita bisa terbuka bicara apa adanya?" ujar Fahri.

Pansus Angket Rekomendasikan KPK Bentuk Lembaga Pengawas

Fahri menjelaskan, pasal irasionalitas memang ada di agama untuk persoalan yang gaib sebagai syarat dari iman. Namun, bila berbicara mengenai negara dia berpendapat semua harus rasional. "Kita buka masalahnya. Apa pertanyaannya, dijawab, dibuka. KPK sudah investigasi ribuan orang. Kenapa diinvestigasi tidak mau? Zaman Orde Baru kita memitoskan negara, setelah 19 tahun reformasi, apakah kita memitoskan KPK?" 

Suasana sidang di Mahkamah Konstitusi.

MK Bantah Inkonsisten Soal UU MD3

MK memperjelas status KPK dan tak menganulir keputusan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2018