Pilkada Jabar 2018

PAN Utamakan Kader Jadi Cagub, Tapi Harus Berkoalisi

Ketua Umum PAN yang juga Ketua MPR Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak

VIVA.co.id –  Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) masuk dalam konsep politik Poros Jawa Barat menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 bersama Partai Golkar dan Hanura. Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, menilai konsep politik tersebut harus diprioritaskan menjadi proses internal partai untuk menetapkan figur yang layak diusung menjadi calon gubernur di Pilgub Jabar.

"Ya, poros apa pun namanya, kita sekarang sedang mengumpulkan informasi lengkap yang diinginkan masyarakat untuk menjadi gubernurnya," ujar Zulkifli, Minggu 30 April 2017. 

Kendati demikian, dia tetap memprioritaskan kader internal PAN, yaitu anggota DPR asal Sukabumi, Desy Ratnasari, dan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

RK Ngaku Rasional Maju Lagi di Pilgub Jabar: Hak Saya Gubernur Periode Kedua

Zukifli menambahkan, meski figur internal diprioritaskan, PAN tetap menjunjung tinggi kesepakatan koalisi. Karena, PAN di DPRD Jawa Barat saat ini hanya memiliki empat kursi. Zulkifli menegaskan, kesepakatan mengusung calon akan ditumpukan kepada gagasan politik tanpa transaksi.

"Politik itu kan enggak bisa sendiri, tentu koalisi. Kalau koalisi, kita mesti bicara  harus berembug dan harus ada kesepakatan. Buat kami yang penting adalah apa yang diinginkan masyarakat Jawa Barat," katanya.

Jawa Barat akan menjadi salah satu provinsi yang akan menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada pelaksanaan pilkada serentak 2018. Selain Jawa Barat, ada 17 provinsi lain yang akan melaksanakan pilgub seperti misalnya Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali dan Papua. Total termasuk 17 provinsi, ada 171 daerah yang menggelar pilkada serentak, tahun depan. (ren)

Mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi

Kata Dedi Mulyadi soal Maju Pilgub Jabar, Jadi Ketua RT pun Siap!

Politisi Partai Gerindra yang juga mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengaku siap menjadi Calon Gubernur Jawa Barat 2024. Bahkan, ia siap menjadi Ketua RT sekalipun.

img_title
VIVA.co.id
18 Juni 2023