Ketahui Tentang Hak Angket DPR

Ilustrasi ruang sidang paripurna DPR.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id - Sejumlah anggota DPR menggulirkan hak angket untuk menyelidiki penanganan kasus korupsi Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP oleh KPK. Sebelum ini, mereka juga sempat mewacanakan angket untuk Basuki Tjahaja Purnama karena dianggap melanggar Undang Undang Pemerintah Daerah akibat diangkat lagi menjadi Gubernur DKI Jakarta sementara statusnya sudah terdakwa.

Sidang Uji Keabsahan Hak Angket, DPR Tak Hadir

Hak angket DPR itu sendiri diatur dalam Undang Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau MD3 tepatnya pasal 79 ayat 1 huruf b dan lebih spesifik di ayat 3.

Bunyi pasal 79 ayat 3 adalah "Hak angket sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b adalah hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap  pelaksanaan  suatu  undang-undang  dan/atau kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan  bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan."

Soal Tersangka Baru e-KTP, KPK Siapkan 'Kejutan'

Aturan selanjutnya mengenai tata cara atau mekanisme pengusulan hak angket ada pada pasal 199. Berikut isinya:

1. Hak angket sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79 ayat  (1)
huruf b diusulkan oleh paling  sedikit 25 (dua puluh  lima)  orang anggota DPR dan lebih dari 1 (satu) fraksi.

DPR Versus KPK dan Persoalan Hukum yang Terabaikan

2. Pengusulan hak angket sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disertai dengan dokumen yang memuat paling sedikit:

a. materi kebijakan dan/atau pelaksanaan undang-undang yang akan diselidiki; dan
b. alasan penyelidikan.

3. Usul sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menjadi hak
angket DPR apabila mendapat persetujuan dari rapat paripurna  DPR yang dihadiri lebih dari 1/2 (satu  per dua) jumlah anggota DPR dan keputusan diambil dengan  persetujuan lebih  dari 1/2 (satu per dua) jumlah anggota DPR yang hadir.

Selain itu, hak angket secara teknis juga masih diatur lebih jauh di pasal 200, 201, 202, 203, 204, 205, 206, 207, 208, dan 209. Khusus pada pasal 208 ayat 1, menunjukkan bahwa hak angket bisa dilanjutkan dengan hak menyatakan pendapat.

Bunyinya yaitu, "Apabila rapat paripurna DPR sebagaimana dimaksud dalam pasal 206 ayat (2) memutuskan bahwa pelaksanaan suatu undang-undang  dan/atau  kebijakan Pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas pada kehidupan  bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, DPR dapat menggunakan hak menyatakan pendapat." (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya