Sekjen Golkar: Ahok Jadi Mendagri, Bagaimana Pak Tjahjo?

Plt Ketum Golkar, Idrus Marham.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji

VIVA.co.id - Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok dirumorkan akan masuk kabinet dan menjadi Menteri Dalam Negeri, jika terjadi perombakan kabinet, atau reshuffle nanti. Bagaimana respons Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham, ketika ditanyakan mengenai isu tersebut?

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

"Aduh. Jadi begini, kalau seperti itu silakan ke Presiden," kata Idrus, ketika ditemui di kantor DPP Golkar di Slipi, Jakarta Barat, Selasa 25 April 2017.

Idrus meminta, semua pihak memahami peran Presiden tersebut. Presiden Joko Widodo, menurutnya, akan mengeluarkan keputusan yang terbaik mengenai susunan kabinetnya.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Jadi, biarkanlah perannya Presiden di situ, biarlah haknya Presiden di situ. Biarlah Presiden akan mengambil langkah terbaik untuk memacu kinerjanya," ujar Idrus.

Saat ini, Idrus enggan berandai-andai mengenai kemungkinan tersebut. Alasannya, karena jabatan Mendagri masih dipegang oleh Tjahjo Kumolo. "Pak Tjahjo gimana?" tanya Idrus balik.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Isu reshuffle kabinet kembali mengemuka. Kali ini, Presiden Jokowi sendiri yang memantik.

Jokowi menyatakan, menteri kabinetnya diberi target tinggi. Segala upaya harus dikerahkan oleh para menteri untuk mewujudkannya. Bila gagal mencapai target itu, maka mereka bisa diganti, bisa digeser, bisa dicopot.

Reaksi spekulatif pun bermunculan. Bahkan, sejumlah pihak menyebut bahwa reshuffle kabinet akan dilakukan segera oleh Jokowi, menyusul kekalahan Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama di Pilkada. Tagar #AhokMendagri sudah berseliweran di lini masa Twitter. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya