Presiden Diminta Sampaikan Kinerja Menteri ke Publik

Sejumlah menteri di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo berdiskusi dalam rapat di Istana Negara
Sumber :
  • VIVA.co.id/setkab.go.id

VIVA.co.id – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Saleh Partaonan Daulay, meminta Presiden Joko Widodo membuka kepada publik terkait kinerja para menterinya. Upaya ini dinilai perlu karena masyarakat perlu tahu bagaimana kinerja para pembantu Presiden.

Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN di Istana, Moeldoko ke Mana Tak Nongol?

"Selama ini dalam beberapa kali reshuffle masih menjadi tanda tanya kenapa seorang menteri diganti? Jika memang tidak bisa mencapai target tolong sampaikan," kata Saleh Daulay saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa 25 April 2017.

Menurut Saleh, hal terpenting dari reshuffle adalah bagaimana seorang menteri bisa memberikan kualitas pelayanan kepada rakyat. Hingga saat ini masih banyak janji kampanye Presiden yang ditunggu masyarakat.

Jokowi Lakukan Reshuffle, Ini Deretan Menteri Terbaru Kabinet Indonesia Maju

"Kalau masih begitu sama saja tidak ada perubahan. Rakyat butuh bukti, saatnya Presiden buktikan janji-janji kampanye dulu di sisa masa jabatan yang ada," ungkapnya.

Hal lain yang perlu dipikirkan Presiden, menurut Daulay, adalah stabilitas politik nasional. Reshuffle harus menjaga hal tersebut. Menjaga stabilitas politik nasional akan membangun sinergitas seluruh elemen politik dan masyarakat.

Sah! Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR Usai Dilantik Jokowi

"Presiden harus menjaga stabilitas politik nasional, kalau itu berjalan dengan baik, kerja sama elemen politik dan masyarakat lebih cepat dilaksanakan dan bisa mencapai target pemerintahan," ucap eks ketua Komisi VIII tersebut.

Saleh berharap, dengan laporan yang disampaikan Presiden nantinya, semua akan terang benderang. Publik akan bisa menilai siapa saja menteri yang layak atau tidak. "Publik sendiri yang akan menilai, Presiden perlu memberikan hak demokrasi masyarakat tentang kinerja menterinya," tutur dia.

Anggota DPR sekaligus Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera

AHY jadi Menteri ATR/BPN, Mardani PKS: Welcome to The Jungle

Presiden Jokowi lantik Ketum Partai Demokrat AHY jadi Menteri ATR/BPN.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024