KPU-Bawaslu Diminta Siapkan Diri untuk Pilkada 2018

Kantor KPU di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Pius Yosep Mali.

VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi II DPR, Ahmad Riza Patria, meminta agar Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu melakukan persiapan untuk Pilkada 2018. Ia berharap Pilkada 2018 bisa digelar lebih baik dari Pilkada 2015 dan 2017.

Ketika Puti Guntur Soekarno Menggenggam Tangan Khofifah

"Rapat perdana setelah komisioner KPU dan Bawaslu dilantik, kami akan minta paparan terkait persiapan Pilkada 2018," kata Riza di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 25 April 2017.

Ia menambahkan, jumlah daerah dalam Pilkada 2018 lebih banyak dibandingkan 2017. Apalagi pada 2018, banyak daerah yang memiliki basis pemilih terbanyak di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua, dan daerah lainnya yang tak ia detailkan.

Demokrat: Pengusungan Puti Guntur Bukan Dinasti Politik

"Tentu ini jadi perhatian kita bersama karena pilkada yang sukses bisa diikuti dan ditingkatkan lagi. Terlebih KPU-nya banyak yang baru dan Bawaslu seluruhnya baru. Tentu mereka perlu dapat masukan dari Komisi II agar mampu mengantisipasi kemungkinan yang tidak baik," kata Riza.

Saat ditanya soal persiapan apa yang harus digarisbawahi, ia menjelaskan setiap pilkada punya masalah tersendiri. Meski pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, ia bersyukur bisa berlangsung dengan baik, damai, dan demokratis.

Calon Petahana Riau Ditantang Eks Menteri sampai Danrem

"Pilkada 2017 juga ada masalah seperti Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kita harapkan dengan 98 persen e-KTP yang terekam dan blanko sudah siap, pada 2018 masalah e-KTP diharapkan selesai. DPT yang selalu jadi masalah pemilu ke pemilu. Diharapkan dalam waktu setahun ini pemerintah dan KPU bisa mengambil hikmah dari masalah sebelumnya dan memberikan terobosan baru," kata Riza.

Pilkada 2018 akan dilaksanakan pada 27 Juni. Ada 171 daerah yang akan menggelar pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Hidayat Nur Wahid.

Dukung Gus Ipul, PKS Tak Mau Dianggap Koalisi dengan PDIP

Gus Ipul sudah jauh-jauh hari meminang PKS.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2018