TUTUP
TUTUP
POLITIK

DPR Minta KPU Segera Bekerja Siapkan Pilkada 2018

Jumlah daerah yang gelar Pilkada akan lebih banyak dari tahun ini.
DPR Minta KPU Segera Bekerja Siapkan Pilkada 2018
Simulasi Pemilu Kepala Daerah 2015 (VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Ketua Komisi II DPR, Zainuddin Amali, mendesak pimpinan Komisi Pemilihan Umum segera menyiapkan Pemilihan Kepala Daerah 2018. Apalagi jumlah daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada tahun depan akan lebih banyak dibanding tahun ini.

"Di samping banyak (daerah yang melaksanakan pilkada), ada daerah-daerah besar seperti Jawa Barat, Jawa Timur. Lalu banyak juga kabupaten kotanya. Butuh kesiapan lebih," kata Zainuddin di Gedung DPR, Jakarta, Jumat 21 April 2017.

Menurutnya, Pilkada DKI Jakarta lalu akan bisa berpengaruh ke pilkada ke daerah misalnya Jawa Barat termasuk perihal isu dan berbagai fenomenanya. Oleh karena itu dia meminta kepada KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mempersiapkan diri dan mapan dengan aturan yang berlaku.

Ia menekankan apabila akan ada perubahan maka aturan harus segera disesuaikan agar aturan tersebut tak tertinggal dengan tahapan pelaksanaan pilkada.

"Apalagi KPU akan disibukkan dengan Pemilu legislatif dan Pemilu presiden 2019. Misalnya harus dimulai dengan verifikasi partai politik kalau ada. Lalu hal-hal teknisnya seperti apa," kata Zainuddin. (ren)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP