TUTUP
TUTUP
POLITIK

Observator 29 Negara Asing Ikut Safari Saksikan Pilkada DKI

Menurut KPU, proses Pilkada membuktikan baiknya sistem demokrasi.
Observator 29 Negara Asing Ikut Safari Saksikan Pilkada DKI
Ketua KPU Arief Budiman. (VIVA.co.id/ Pius Yosep Mali.)

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum menggelar election visit program atau kunjungan Pilkada pada putaran kedua pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada Rabu, 19 April 2017. Kegiatan ini untuk saling berbagi pengalaman dengan negara-negara sahabat dan NGO internasional tentang penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

"Pemilu kita makin hari makin baik maka beberapa negara, institusi minta untuk terlibat dan lihat langsung. Hari ini ada 29 negara ikut observasi ini," kata Ketua KPU, Arief Budiman di TPS 034, Rusun Kampung Pulo, Jakarta Timur, Rabu 19 April 2017.

Sementara Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, Pilkada ini sebagai cermin demokrasi di Indonesia. Kegiatan pemantauan yang dilakukan bersama-sama perwakilan negara asing ini ingin memperlihatkan kepada masyarakat internasional tentang penyelenggaraan Pemilu di Indonesia.

"Kami ingin memperlihatkan bagaimana antusiasme warga dalam memberikan hak suara, bagaimana masyarakat yg berbeda pilihan semua datang ke TPS dengan penuh rasa persaudaraan, tidak ada ketegangan, permusuhan, apalagi konflik antarpendukung yang di banyak negara hal seperti ini hampir mustahil terjadi," kata Pramono.

Untuk pementauan Pilkada DKI putaran kedua ini komisioner KPUD dibagi dalam tiga grup monitoring di lapangan.

Group I di TPS 29, 72-75, Kampung Nelayan, Cilincing, Jakarta Utara. Selanjutnya di TPS 45 Perumahan Kirana, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara. Komisioner KPU yang memantau di antaranya Wahyu Setiawan dan Pramono Ubaid Tanthowi.

Group II di TPS 9, 10, 12 Masjid Jami Kebon Jeruk, Jalan Kemukus, Taman Sari, Kebon Jeruk X, Kelurahan Maphar, Jakarta Barat. Selanjutnya TPS 17 Petamburan 3 RT3 RW4 Kelurahan Petamburan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Komisioner KPU yang memantau langsung di antaranya Ilham Saputra dan Viryan.

Group III di TPS 95 Lapas Wanita Pondok Bambu, Duren Sawit Pondok Bambu. Selanjutnya di TPS 33 dan 34 Rusun Kampung Pulo, Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta timur.

Kemudian dilanjutkan di TPS 15 RS Cipto Mangunkusumo, Jalan Diponegoro Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Komisioner KPU yang langsung memantau yakni Arief Budiman, Hasyim Ashari dan Evi Novida Ginting Manik. (mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP