TUTUP
TUTUP
POLITIK

KPU DKI Musnahkan Surat Suara Rusak dan Lebih

Ada hampir 7000 kertas suara yang dibakar.
KPU DKI Musnahkan Surat Suara Rusak dan Lebih
Pemusnahan surat suara rusak dan berlebih oleh KPU DKI Jakarta (VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon)

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta pada Selasa, 18 April 2017 sore melakukan pemusnahan surat suara yang rusak dan kelebihan jumlah.

Pemusnahan dilakukan di halaman Kantor KPU DKI Jakarta, Senen, Jakarta Pusat yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno dan disaksikan oleh anggota kedua tim pemenangan pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta 2017, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI serta Kepolisian. Surat suara yang rusak dan jumlah lebih itu dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Terdiri dari surat suara yang rusak atau surat suara yang lebih seperti kita tahu bahwa pada saat KPU menerima surat suara dari percetakan itu dilakukan sortir dan surat suara yang baik dan surat suara yang rusak. Surat suara yang rusak itu juga dikumpulkan, begitu juga surat suara yang berlebih," kata Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno di Kantor KPU DKI Jakarta, Senen, Jakarta Pusat, Selasa 18 April 2017.

Jumlah surat suara yang dimusnahkan antara lain 790 surat dari Jakarta Timur, 1.183 surat suara dari Jakarta Barat, 3.683 surat suara di Jakarta Selatan, 1.144 surat suara dari Jakarta Utara, 66 surat suara dari Jakarta Pusat dan 77 surat suara dari Kepulauan Seribu. Total ada sebanyak 6.943 surat suara yang dimusnahkan hari ini.

"Jenis kerusakan bervariasi ada yang potongannya tidak simetris atau juga yang sobek. Ada surat suara yang bagus tapi melebihi dari jumlah yang ditentukan," katanya. (mus)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP