TUTUP
TUTUP
POLITIK

Wiranto: Pengamanan Menjamin Terlaksananya Proses Demokrasi

Hal itu disampaikan dalam pengarahan aparat gabungan di Ancol.
Wiranto: Pengamanan Menjamin Terlaksananya Proses Demokrasi
Pengamanan Jelang Pelaksanaan Pilkada Serentak 2017. (ANTARA FOTO/Rahmad)

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menyatakan, tugas pengamanan Pilkada DKI 2017 yang dilaksanakan lebih dari 65.000 aparat gabungan merupakan bentuk pengawalan terhadap demokrasi agar bisa berjalan lancar.

Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang disepakati di Indonesia. Dalam sistem itu, rakyat adalah pemegang kedaulatan. Sementara pemerintah adalah pihak yang mengadministrasi kedaulatan atau dengan kata lain menjadi pelayan rakyat.

Wiranto mengatakan, tugas yang dijalankan aparat gabungan yang terdiri dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian RI (Polri), aparat Pemerintah Daerah serta Perlindungan Masyarakat (Linmas) seperti pada Rabu esok, 19 April 2017 besok, sangat penting untuk memastikan terlaksananya proses demokrasi itu.   

"Negara kita adalah negara yang dipatok sebagai negara demokrasi, banyak aturan mainnya. Salah satunya memilih pemimpin dilakukan oleh rakyat melalui pelaksanaan Pemilihan Umum. Kita ingat, Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2017 di 101 daerah bisa tertib, lancar dan sukses karena masyarakat sadar demokrasi harus dijaga," ujar Wiranto saat memberi pengarahan kepada aparat gabungan di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara, Selasa, 18 April 2017.

"Itu juga bisa terjadi karena aparat keamanan sadar bahwa ini adalah tugas bersama," ujarnya menambahkan.

Selain itu Wiranto mengatakan, dalam pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Senin kemarin, 17 April 2017, Jokowi berpesan agar pemerintah bisa  menjamin rakyat menunaikan hak dalam memilih pemimpin. 
 
"Kita (pemerintah) harus melaksanakan tugas mengamankan pilkada ini. Saudara adalah bagian dari misi ini," ujar Wiranto kepada para peserta pengarahan. (mus)
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP