Jelang 19 April, Jokowi Estafet Panggil Jenderal dan Ulama

Presiden Jokowi Gunakan Hak Pilih di Gambir Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Pilkada putaran kedua DKI Jakarta, yang akan berlangsung pada 19 April 2017 mendatang, juga mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Senin 17 April 2017, Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, alias JK mengumpulkan para jenderal di beranda belakang Istana Merdeka yang biasa disebut sebagai veranda of talk.  

Selain Jokowi dan JK, hadir Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan, dan Menkopolhukam Jenderal (Purn) Wiranto. Keempatnya diketahui menyandang jenderal.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

"Mengajak seluruh warga yang mempunyai hak untuk memilih dan menggunakan hak pilihnya, karena saya sudah tadi memerintahkan kepada TNI-Polri, untuk menjamin kelancaran dan keamanan pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Jakarta," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers di beranda Istana Merdeka.

Jokowi mengatakan, warga Jakarta yang memiliki hak pilih harus merasa nyaman tanpa ada intimidasi dalam memberikan hak suaranya.

Ahmad Dhani Tersangka Ujaran Kebencian?

Usai bertemu dengan jenderal aktif dan jenderal purnawirawan itu, Jokowi juga mengundang para ulama dan tokoh ormas Islam ke Istana.

Hadir antara lain, Ketua MUI dan Rais Am PBNU KH Ma'ruf Amin, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Ketua Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, penceramah kondang Yusuf Mansyur dan Arifin Ilham, Ketua DKPP Jimly Asshidiqie, dan sejumlah tokoh lainnya. (asp)

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Saya berani mengatakan bahwa politik kita telah berubah."

img_title
VIVA.co.id
10 November 2018