Hanura Turunkan 10 Ribu Orang Pantau Potensi Curang di TPS

Debat kandidat untuk putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Ketua Dewan Pimpinan Daerah atau DPD Partai Hanura DKI Mohamad Ongen Sangaji mengatakan, pihaknya telah menerjunkan 10 ribu orang yang disebar di lima wilayah Jakarta. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi adanya kecurangan pada pencoblosan putaran kedua Pilkada DKI yang akan digelar pada tanggal 19 April 2017.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Senin 17 April 2017, Ongen menyebut personel yang diterjunkan oleh pihaknya ini adalah orang-orang terlatih untuk mengawal pesta demokrasi di Jakarta.

"Malam ini sudah nyebar di kampung-kampung. Setiap kampung ada 50 orang dan satu koordinator," ujar Ongen, Senin 17 April 2017.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Menurut Ongen, masing-masing koordinator tersambung dengan para saksi dan petugas pasangan saksi Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidajat (Ahok-Djarot) di tempat pemungutan suara (TPS). Oleh karena itu apabila ada laporan intimidasi pada saat proses pemilihan dan penghitungan suara, relawan Hanura diminta segera bergerak.

"Langsung diberikan ke penegakan hukum orang yang buat onar. Tidak ada main hakim sendiri. Mereka semua sudah terlatih," kata dia.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Ketua Fraksi Hanura DPRD DKI itu menegaskan, 10 ribu orang sudah dilatih sejak dua bulan lalu di daerah Jawa Barat untuk mengenali kecurangan dan intimidasi.

"Nanti mereka naik motor keliling. Pastinya akan sangat ramah. Pokoknya, saya ingin pilgub ini berjalan aman," kata dia.

Wakil Ketua Tim Kampanye Pasangan Ahok-Djarot itu juga mengimbau agar orang luar Jakarta tidak perlu datang ke DKI pada saat hari pemilihan karena tidak memiliki hak suara dan agar situasi Jakarta tetap kondusif.

"Kami juga akan meminta agar orang luar Jakarta jangan ikut-ikutan," katanya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya