TUTUP
TUTUP
POLITIK

DPR Tak Terima Ketua KPK Tak Rapat karena ke Acara Kopassus

DPR menundan rapat hingga malam nanti sampai Agus Rahardjo tiba.
DPR Tak Terima Ketua KPK Tak Rapat karena ke Acara Kopassus
Ketua KPK, Agus Rahardjo, (kanan) dan Wakil Ketua Basaria Panjaitan (kiri).  (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

VIVA.co.id – Komisi III DPR mencecar empat pimpinan atau wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi di rapat hari ini lantaran Ketua KPK Agus Rahardjo tidak hadir. Pimpinan rapat yakni Benny Kabur Harman kemudian mengusulkan agar rapat ditunda sementara.

"Perlu kami beritahukan, tradisi kita tidak melayani RDP yang tidak dihadiri pimpinannya. Oleh sebab itu untuk menjaga tradisi, menjaga budaya, rapat kita tunda menunggu pak ketua," kata Benny di Ruang Rapat Komisi III, Senayan, Jakarta, Senin 17 April 2017.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, Agus tidak bisa hadir karena sedang menghadiri undangan ulang tahun Kopassus di Situ Lembang, Bandung. Menurut Basaria, empat pimpinan yang hadir seharusnya sudah cukup dan tidak mengurangi posisi pimpinan KPK dengan catatan pengambilan keputusan yang kolektif kolegial.

Namun Komisi III tetap ingin rapat ditunda hingga Agus Rahardjo bisa hadir. Benny mengusulkan agar rapat ditunda hingga pukul 14.00 atau 19.30 hari ini.

"Di Bandung kan bisa pulang dengan pesawat. Kalau pagi acaranya jam 14.00 bisa kita mulai. Kalau jam 14.00 belum tiba, kita main malam jam 19.30 WIB. Jadi kita usul kita tunggu pimpinan KPK yang lain untuk menjaga tradisi ini. Bisa? Pukul 19.30 WIB?" tanya Benny.

Menjawab usulan itu, Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengatakan tidak bisa memastikan kehadiran Agus hari ini. Dia juga menyampaikan bahwa Agus masih punya kegiatan di Bandung pada Selasa besok.

"Kami kurang tahu persis jam 2 mengingat Situ Lembang ke Bandung lumayan lama. Kayaknya hari ini mengharapkan kedatangan Beliau enggak bisa. Beliau ditunggu di lain waktu," jawab Laode.

Basaria mengatakan, pimpinan yang lain juga kesulitan berkomunikasi dengan Agus.

"Situ Lembang tidak ada signal," ujar Basaria.

Namun Komisi III tak menerima alasan-alasan pimpinan KPK itu. Komisi III akhirnya tetap mengusulkan agar rapat ditunda hingga pukul 19.30 WIB sambil mengusahakan kedatangan Agus.

"Saya rasa kita putuskan, kita tunda pukul 19.30 WIB malam ini. Sehingga ada waktu komunikasi. Apa pun caranya dari Lembang bisa sampai. Jadi rapat saya skor sampai 19.30 WIB," kata Benny, anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrat. (mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP