TUTUP
TUTUP
POLITIK

Anggota DPR: Pindah Ibu Kota Perlu Keberanian

Jakarta dinilai sudah tidak layak jadi pusat pemerintahan.
Anggota DPR: Pindah Ibu Kota Perlu Keberanian
Monumen Nasional, Jakarta. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

VIVA.co.id - Pemerintah punya keinginan untuk memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Komisi II DPR menilai wacana pemindahan ibu kota itu sudah lama disampaikan namun belum ada keberanian politik untuk melakukannya.

"Karena itu, perlu keberanian politik untuk merealisasikan wacana tersebut," kata anggota Komisi II Ahmad Baidowi dalam pesan tertulis kepada VIVA.co.id, Rabu 12 April 2017.

Baidowi mengakui salah satu alasan yang mengemuka bahwa ibu kota harus pindah adalah karena Jakarta sudah sangat penuh, kerap macet dan tidak aman dari bencana banjir.

"Hal ini dirasa sudah tidak cocok lagi Jakarta mengemban predikat ibu kota, sekaligus pusat pemerintahan," ujar dia.

Menurut Baidowi, memposisikan Jakarta sebagai kota perdagangan dan jasa sudah tepat. Namun, pusat pemerintahan memang sudah saatnya dipindah, dengan menghitung kalkulasi anggaran yang dibutuhkan.

"Menuju realisasi wacana tersebut, pemerintah bisa membandingkan dengan pemindahan ibu kota ataupun pusat pemerintahan yang ada di beberapa negara," kata Baidowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memiliki keinginan serius mengenai hal ini, dengan meminta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas melakukan kajian-kajian teknis mengenai wacana tersebut.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil, mengatakan wacana perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Palangkaraya, masih akan dilihat dari berbagai aspek, terutama dari sisi kajian tata ruang sebagai sebuah Ibu Kota Negara.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP