TUTUP
TUTUP
POLITIK

Deretan Nama Senator Calon Pengganti Oso di MPR

Oesman Sapta Odang memilih menjadi Ketua DPD RI.
Deretan Nama Senator Calon Pengganti Oso di MPR
Pelantikan Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (kiri) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

VIVA.co.id – Calon pengganti Oesman Sapta Odang sebagai Wakil Ketua MPR masih dalam pembahasan internal DPD. Namun, sudah banyak nama yang disuarakan untuk diproyeksikan menggantikan Oso.

Anggota DPD Gede Pasek Suardika mengatakan, ada mekanisme tahapan yang dilakukan dalam menentukan pengganti Oso. Ia menyebut deretan nama yang muncul berasal dari tiga wilayah pembagian senator.

Menurut Gede, terdapat nama seperti mantan Ketua DPD Mohammad Saleh sampai Gusti Kanjeng Ratu Hemas.

"Banyak nama yang dibicarakan, seperti M Saleh, Parlindungan P, Hardi Hood, Instiawati Ayus dari Barat. Lalu di Tengah ada AM Fatwa, GKR Hemas, Ahmad Muqowam, Bambang Sadono. Di Timur ada John Pieris, Farouk M, Bahar Ngitung, Mervin Komber, Ajiep Padindang," kata Pasek saat dihubungi VIVA.co.id, Senin, 10 April 2017.

Pasek menjelaskan nama-nama ini baru sekadar pembicaraan internal nonformal dan belum ada pengerucutan. "Masih sebatas bisik-bisik saja," kata Pasek.

Sejauh ini, kata Pasek, belum ada nama lain yang muncul dari deretan nama yang disebutnya tadi. Ia berharap penentuan nama ini akan ditentukan dengan melakukan musyawarah mufakat. "Saya belum dengar calon lain, tetapi beberapa nama masih bisa berkembang Semoga saja nanti di antara mereka bertemu dalam musyawarah mufakat," kata dia.
    
Menurut Pasek, mekanisme tahapan dalam mengajukan nama pengganti Oso harus lewat Panitia Musyawarah (Panmus) DPD sampai paripurna.

"Paripurna belum, aspirasi anggota belum, penjadwalan panmus juga belum. Sehingga calon pengganti wakil ketua MPR masih sebatas pembicaraan di internal," tuturnya.

Seperti diberitakan, meski sudah dilantik menjadi Ketua DPD, Oso sampai saat ini masih merangkap pimpinan MPR. Pihak pimpinan MPR menyatakan menyerahkan sepenuhnya pergantian posisi Oso kepada DPD. (ase)

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP