Senator: Pelantikan Oesman Sapta Masalah Berat

Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) diwarnai keributan pada Senin, 3 April 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ubaidillah

VIVA.co.id - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menjadi perbincangan publik beberapa hari belakangan. Hal itu karena keributan yang terjadi beberapa waktu lalu perihal pergantian pimpinan lembaga itu.

Songsong Pemilu 2024, Oso Minta Kader Hanura Aktif Rangkul Rakyat

Anggota DPD dari Kalimantan Selatan, Sofwat Hadi, mengungkapkan bahwa pelantikan DPD yang menunjuk Oesman Sapta Odang sebagai ketuanya merupakan masalah berat. Soalnya proses pemilihannya melanggar undang-undang.

"Menurut saya, ini masalah berat. Perselisihan masalah pimpinan ini terjadi karena yang satu melanggar undang-undang, yang satu tidak," kata Sofwat dalam sebuah forum diskusi di Jakarta Pusat pada Sabtu, 8 April 2017.

OSO Tunjuk Kodrat Shah Jadi Sekjen Hanura Gantikan Gede Pasek Suardika

Dia menyesalkan keributan di lembaganya karena telah menjadi tontonan buruk bagi masyarakat. Menurutnya, masalah itu tak semestinya terjadi.

"Makanya kami minta Mahkamah Agung supaya menyelesaikan perbedaan pendapat itu. Kewenangan Mahkamah Agung untuk meluruskan kalau ada sesuatu yang melanggar undang-undang," ujarnya.

Lelang Jabatan Sekretaris Jenderal DPD Dinilai Bermasalah

Sofwat mempertanyakan keabsahan pelantikan Oesman Sapta Odang. Dia meminta Mahkamah Agung membatalkan pelantikan yang memilih Oesman sebagai Ketua dan Nono Sampono serta Damayanti sebagai Wakil Ketua. Kalau masalah itu tak segera diselesaikan, DPD akan terus terbelah. (ase)

Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti (kanan) saat bersilaturahim ke Rais Aam NU Miftachul Akhyar di Pondok Pesantren Miftachussunnah di sela-sela kegiatan resesnya di Surabaya, Senin, 21 Februari 2022.

La Nyalla Minta Doa Rais Aam NU, Bilang Demokrasi RI Perlu Dikoreksi

La Nyalla Mahmud Mattalitti menemui Rais Aam NU dan memaparkan alasan upayanya untuk memperjuangkan ketentuan presidential threshold nol persen.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022